Apa si Neonatal Sepsis dan Cara Mengatasinya

Menurut jurnal medis yang ditulis John Mersch, MD, FAAP di situs medicinenet, neonatal sepsis adalah semua jenis infeksi dari virus atau bakteri yang terjadi dalam kurun waktu 28 hari setelah bayi lahir. Infeksi yang juga disebut sepsis neonatarum ini bisa terjadi di beberapa organ atau pun salah satunya saja, Bu. Misalnya, pneumonia di paru-paru.
Apa Penyebabnya?
Nah, menurut artikel kesehatan yang saya baca, ada dua jenis penyebab sepsis pada bayi, yaitu:
• Early-onset sepsis. Dalam kategori ini, neonatal sepsis muncul dalam waktu 24-72 jam setelah bayi lahir, Bu. Bahkan, infeksi muncul lebih cepat bagi bayi lahir prematur. Infeksi terjadi sedini ini karena janin tertular penyakit ibunya atau Ibu mengalami hal serupa pada bayi sebelumnya.
• Late-onset sepsis. Biasanya, late-onset sepsis baru terlihat sekitar 4-90 hari setelah bayi lahir karena terkena infeksi dari lingkungan sekitarnya. Untuk mencegahnya, perhatikan kerbersihan lingkungan di sekitar si Kecil dan siapa saja yang berinteraksi dengannya, Bu.[ap3] Upayakan juga ruangan dan peralatan minumnya tetap steril.
Bagaimana Cara Menghadapinya?
Neonatal Sepsis akan berbahaya bagi si Kecil bila Ibu telat memberikan penanganan dan perawatan. Untuk itu Bu, saya akan memberitahukan beberapa gejala neonatal sepsis supaya Ibu lebih waspada, yaitu:
• Suhu tubuh terlalu tinggi atau rendah
• Pernapasannya tidak teratur dan cenderung sesak.
• Tekanan darah menurun.
• Aktivitas si Kecil mulai berkurang. Ia mulai malas menggerakan tangan dan menghisap ASI.
• Diare dan muntah-muntah berkepanjangan.
Walau si Kecil mengalami gejala-gejala di atas, Ibu tetap harus berkonsultasi ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Supaya neonatal sepsis tidak terjadi, ada baiknya Ibu terus memerhatikan kondisi lingkungan selama masa kehamilan dan mengetahui cara merawat bayi baru lahirdengan benar. Pahami gejalanya juga supaya penanganan tidak telat, Bu. Selain itu, selalu rutin memeriksa kandungan dan kesehatan si Kecil, ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya