Awas Bahaya Bantal Bagi Bayi Saat Tidur

Mungkin sebagian ibu sudah banyak mendengar kabar mengenai kasus kematian bayi mendadak atau dalam istilah kedokteran terkenal dengan sebutan SIDS (sudden infant death syndrome). Meski belum diketahui penyebab pasti dari SDIS bukan berarti mencoba waspada dan menjadi ibu siaga tidak ada salahnya.

Penggunaan bantal pada bayi, terutama yang berusia di bawah satu tahun, akan meningkatkan risiko bayi terkena sudden infant death syndrome (SIDS) atau kematian mendadak yang terjadi pada bayi. National Institute of Child Health and Human Development (NICHHD) merekomendasikan untuk tidak memberikan bantal pada bayi di bawah usia satu tahun.

Bedakan antara bayi dengan orang dewasa. Bentuk kepala bayi baru lahir belum sempurna karena pengaruh proses kelahiran atau alat bantu persalinan (seperti forsep). Kepalanya membutuhkan waktu untuk bisa berubah ke bentuk yang ideal.

Orang dewasa mungkin tidak nyaman jika tidur tidak memakai bantal. Sedangkan bagi bayi, bantal dapat membahayakan nyawanya. Bantal dapat menutupi mulut dan hidung bayi saat tidur sehingga menyebabkan bayi susah bernapas. Jika bayi tidur tanpa pengawasan orangtua dan bantal tersebut lama menutupi mukanya, bisa saja bayi tersebut mengalami SIDS.

Rata-rata, ada 32 kematian bayi per tahun karena bantal yang digunakan sebagai alas tidur atau untuk menopang kepala bayi. Sebagian besar kematian ini melibatkan bayi yang berusia tiga bulan atau kurang.

Beberapa tips untuk mengurangi SIDS pada bayi:

  • Tidurkan bayi dengan posisi telentang agar pernapasan bayi tidak terganggu
  • Jangan tutupi kepala dan wajah bayi saat tidur
  • Jauhi bayi dari asap rokok
  • Sediakan lingkungan yang nyaman saat bayi tidur pada siang maupun malam hari
  • Tidurkan bayi pada tempat tidurnya yang nyaman dengan ruangan yang sama dengan ibu selama 6-12 bulan pertamanya
  • Berikan ASI pada bayi
  • Kapan sebaiknya bayi diberi bantal saat tidur?

Bunda  dapat memberikan bantal kepada bayi Anda saat usianya menginjak usia 2 tahun. Pada usia ini, bayi sudah dirasa mampu untuk membuat gerakan-gerakan sehingga jika ada bantal yang menutupi mukanya maka ia sudah bisa menyingkirkannya.

Walaupun berbagai macam bantal, mulai dari bentuk, warna, gambar, tersedia untuk bayi Anda, tetapi pilihlah bantal yang kecil dan datar sehingga dapat menopang lehernya dengan baik.

 

Semoga bermanfaat !

 

Sumber :hellosehat.com

#bayi #balita #anak #buahhati #persalinan #sids #kematianmendadak #solusibayi #bantaltidur #bantaltidurbayi  #ibumuda #ibubijak #ibucerdas #solusitidurbayi #parenting #ibudananak #ibuanak #aqiqah #aqiqahan #aqiqahsaungdomba #aqiqahdepok#aqiqahanak  #aqiqahbuahhati #akikah #akikahan #akikahdepok #aqiqahjabodetabek #jasalayananaqiqah #aqiqahmurah#aqiqahtangerang #aqiqahbekasi#aqiqahjakarta #aqiqahsesuaisyariah #aqiqahanakjabodetabek #saungdomba #saungdombainternasional

Leave a Comment