fbpx

AWAS! Banyak Bahaya Mengintai Anak Yang Kecanduan Gawai / Gadget

Bahaya gawai – beberapa orang tua sering menjadikan gawai atau gadget sebagai alat alternatif ‘penangkal anak’ saat mereka ngambek atau sedang sulit diatur. Tanpa disadari memberi gawai saat anak ngambek  menjadi suatu kebiasaan yang sebenarnya berbahaya bagi anak.

Hal ini pun telah diteliti oleh beberapa ilmuwan, seperti yang dilansir dari TheHealthSite yang memaparkan bahwa ada 3 bahaya anak bermain gadget.

Yang pertama adalah ancaman radiasi yang kita tahu dapat menyerang siapapun. Tak terkecuali pada anak, karena kebiasaan bertatapan dengan sinar dari gawai terlalu dekat dan anak sering bermain alat canggih itu. Kerusakan bisa dimulai dengan menggunakan kacamata minus di usia dini.

Belum lagi anak yang sudah kecanduan gadget dengan berbagai permainan yang ditampilkan bisa menggangu otak. Hal tersebut tentu karena efek dari sinar elektromagnetik yang ada di dalam gawai dapat menyebabkan kinerja otak anak melamban. Dampak yang akan terlihat anak pun menjadi sulit menerima dan menangkap beberapa respon.

Tidak ketinggalan efek ini juga berdampak pada pertumbuhan anak. Mengapa?

Tanpa disadari, anak yang sering bermain gawai akan memangku benda tersebut di bagian tubuh dan anak kerap berganti posisi duduk. Itu bisa menggangu perkembangan tulang pada si kecil. Alasannya, tulang belakang tidak bisa bekerja dengan baik. Tulang belakang yang sulit bekerja ini bisa membuat perkembangan sistem tulang si kecil menjadi lambat.

Tentunya akan mempengarungi postur tubuh anak untuk ke depannya. Salah satunya membuat si kecil menjadi pendek, di mana yang seharusnya bisa tumbuh lebih tinggi.

Jangan salah pada kasus kecanduan gawai ini juga dapat berdampak pada risiko stroke dini atau serangan jantung. Beberapa dari Anda mungkin berangggapan hal ini berlebihan.  Jika kita sadari, penggunaa televisi dan video game berkaitan dengan meningkatnya kasus obesitas pada anak. Alat yang dipasang di kamar anak dan bisa diakses secara pribadi dapat meingkatkan. Risiko obesitas sebanyak 30%.

30% anak ini pun akan mengalami diabetes yang berakhir pada risiko stroke tinggi tersebut.

Hal tersebut mungkin dapat dicegah dengan sikap orang tua yang tidak mulai memberi gawai pada anak sejak bayi. Karena dari survey yang ditemukan di lingkungan kini beberapa orang tua lebih sering memberi anak tontonan atau games melalui ‘gawai’ ironisnya sejak umur mereka baru menginjak satu tahun.

Semoga bermanfaat!

(diolah dari berbagai sumber )

Aqiqah Saung Domba | Jagonya Aqiqah Jabodetabek
www.aqiqahsaungdomba.com
Facebook : Aqiqah Saung domba
Instagram : aqiqah_saungdomba32
Telp / Wa : 021 – 786 3834 / 0815 1917 5188
Jln.Margonda Raya Gg.Pepaya no 32 Pondok Cina, Beji, Depok Jawa Barat.

#gadgetaddict #gawai #ponsel #teknologi #dampakburuk #games #bahayagadget #radiasigadget #bayi #balita #anak-anak #perhatian #kasihsayang #kecerdasananak #anak #parenting #tumbuhkembang #orangtuabijak #orangtua #pasangan #pasanganmuda #anak #edukasianak #kesehatananak  #saungdombainternasional #saungdomba #saungdombaaqiqah

 

 

 

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya