fbpx

BAYI YANG MENYUSUI MEMILIKI KEMUNGKINAN RESIKO PENYAKIT JANTUNG YANG LEBIH RENDAH DI MASA DEWASA

Menurut para peneliti dari Northwestern University, menyusui dapat melindungi seseroang dari peradangan dan penyakit jantung saat masih bayi hingga usia dewasa muda.

Periset mengevaluasi kadar protein C-reaktif (CRP), yang merupakan sinyal peradangan dan memprediksi peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan metabolik di masa dewasa.  Melalui berat lahir orang dewasa dan berapa lama mereka diberi ASI riset padahampir 7.000 orang dewasa muda yang berusia 24 sampai 32 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa ada manfaat lain dari menyusui, tingkat CRP adalah 20 sampai 30 persen lebih rendah daripada mereka yang diberi ASI selama 3 sampai 12 bulan sebagai bayi.

CRP adalah protein yang diproduksi oleh hati yang meningkat bila terjadi peradangan di seluruh tubuh. Tingkat CRP yang tinggi dapat menyebabkan serangan jantung dan berbagai masalah jantung lainnya.

“Temuan tentang menyusui dan berat lahir sangat mencerahkan,” kata Thomas McDade, penulis utama studi tersebut, profesor antropologi di Universitas Weinberg, Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan Rusia, dan rekan fakultas Institut Penelitian Kebijakan Universitas. “Tingkat penyakit untuk orang dewasa benar-benar tercermin dari rendahnya berat badan saat lahir  dan serapan susu serta durasi menyusui itu sendiri.”

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa: rendahnya bobot lahir  dan durasi menyusui yang lebih pendek memprediksi tingkat CRP yang lebih tinggi pada orang dewasa muda. Untuk setiap bobot lahir ekstra, tingkat CRP di usia dewasa muda 5 persen lebih rendah.

Organisasi Kesehatan Dunia menggambarkannya Manfaat menyusui terus bertambah “meunyusui adalah salah satu cara paling efektif untuk memastikan masa kanak-kanak dan kelangsungan hidup.”

American Academy of Pediatrics pun merekomendasikan menyusui selama 12 bulan pertama kelahiran bayi.

Sumber : Parenting.com

 

Aqiqah Saung Domba | Jagonya Aqiqah Jabodetabek

www.aqiqahsaungdomba.com
Facebook : Aqiqah Saung domba
Instagram : aqiqah_saungdomba32
Telp / Wa : 021 – 786 3834 / 0815
Jln.Margonda Raya Gg.Pepaya no 32 Pondok Cina, Beji, Depok Jawa Barat.

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya