fbpx

Berapa Jarak Ideal Kehamilan Anak Pertama Dengan Anak Kedua?

Kehamilan adalah suatu anugrah yang tak ternilai dari Allah SWT. Adanya buah hati dan tangis tawanya membuat sebuah keluarga semakin berwarna.

Setelah kelahiran anak pertama, hati dan suami ingin menambah momongan kedua. Lalu apakah ada efeknya ? haruskah ada jarak waktu tertentu diantara keduanya? Jika ada berapa lama dan kenapa? Berikut ulasan penjelasannya:

Direktur Bina Kesertaan Keluarga Berencana (KB) Jalur Swasta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), drg. Widwino, M.Kes menyebut, jarak minimal antara anak pertama dengan kedua adalah empat tahun.

Menurutnya, kalau jarak antara anak pertama dengan kedua misalnya hanya satu tahun, membuat anak pertama secara psikologis akan merasa cemburu.

Psikolog dari RS Brawijaya, Febria Indra Hastati, M.Psi juga menyebut, jarak minimal empat tahun antara anak pertama dengan kedua juga akan memengaruhi bentuk kepribadian anak pertama. Mengingat selama tumbuh kembang, anak membutuhkan perhatian yang penuh terutama di masa emas pertumbuhannya (golden age), yakni usia 0 hingga lima tahun.

Bukan hanya itu, jarak minimal empat atau bahkan lima tahun juga bisa memberikan kesempatan mempersiapkan SDM di kemudian hari, dalam hal ini anak ketika akan menghadapi kompetisi dalam dunia kerja.

Tubuh Bunda pun  membutuhkan waktu untuk pulih dari stres pasca melahirkan. Selain itu, tubuh juga perlu mengisi ulang gizi yang hilang karena melahirkan si Sulung serta perlu mendapat asupan vitamin yang cukup sebelum melahirkan lagi. Selama waktu jeda tersebut, Bunda dapat memanfaatkannya dengan menjaga kesehatan tubuh, menerapkan pola makan seimbang, serta berkonsultasi dengan dokter untuk program hamil bila diperlukan.

Namun, jarak yang terlalu panjang juga tidak ideal. Hamil setelah melahirkan lima tahun berlalu nyatanya juga dapat meningkatkan risiko bayi prematur atau berat badan bayi di bawah rata-rata. Maka, ada baiknya kehamilan direncanakan dengan bijak .

Terlepas dari itu semua, tentunya Allah telah menyiapkan rezeki pada masing-masing anak yang dititipkan, tinggal bagaimana kita sebagai orang tua dapat mendidiknya menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan agama. Wallahu alam bishowab.

Semoga bermanfaat !

(diolah dari berbagai sumber )

#kehamilan #jarakanak #umuranak #hamilkedua #kehamilanideal #ibuhebat #ibucerdas #kehamilansehat #aqiqahdepok #aqiqahjabodetabek #aqiqahmurah #aqiqahbogor #aqiqahtangerang #aqiqahbekasi #aqiqahanak #hukumaqiqah #masakanaqiqah #hargaaqiqahmurah #hargakambingaqiqah #hargadombaaqiqah #aqiqahsaungdomba

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya