CARA MENYUSUI BAYI AGAR TIDAK TERSENDAK

Menyusui bayi yang baru dilahirkan atau sudah beberapa waktu dilahirkan adalah tugas utama seorang ibu. Untuk ibu yang baru memiliki anak pertama, tentu pekerjaan menyusui bisa menjadi tugas yang berat. Tapi ini adalah tugas yang sangat menyenangkan karena menyusui akan meningkatkan hubungan emosi khusus ibu dan anak. Masalah yang sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah mendapatkan cara menyusui yang benar serta mencegah masalah pada  bayi saat menyusui seperti anak tersendak,, muntah setelah menyusui dan berbagai reaksi penolakan bayi terhadap ASI.

Persiapkan Sebelum Menyusui

Berikut ini beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan untuk ibu baru menyusui:

  1. Bra khusus untuk ibu menyusui. Bra ini memiliki bentuk dan penopang payudara yang lebih nyaman dari jenis bra biasa. Ketika ibu ingin menyusui maka cukup membuka bagian khusus yang memberikan bagian akses puting payudara ke bayi. Jadi ibu tidak perlu membuka semua bra yang membuat persiapan menjadi lebih lama.
  2. Pakaian menyusui. Memang tidak ada ketentuan khusus untuk menggunakan pakaian menyusui. Namun untuk ibu yang menyusui sebaiknya menggunakan pakaian yang mudah terbuka pada bagian dada, tidak sulit untuk dibuka dan berbahan ringan.
  3. Bantal menyusui atau bantal biasa. Untuk ibu yang baru menyusui bayi dengan umur beberapa hari sebaiknya menggunakan bantal penopang. Bantal ini akan membantu agar lengan ibu tidak terlalu lelah saat menyangga badan bayi dan membuat posisi bayi saat menghisap ASI lebih nyaman.
  4. Bantal payudara. Bagi ibu yang menyusui maka biasanya produksi ASI akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Ini menyebabkan ASI bocor dan merembes ke pakaian luar, selain itu ketika bra menyusui dibuka maka ASI bisa menyemprot dan membuat bayi kaget karena belum siap menghisap ASI. Karena itu gunakan bantalan payudara untuk menyerap ASI yang bocor dan mencegah ASI menyemprot keluar.

Cara Menyusui Bayi Sesuai Posisi

Menyusui Sambil Duduk

  1. Gunakan bantal untuk menopang punggung Anda
  2. Angkat lutut Anda sehingga bisa menyilangkan salah satu kaki ke sisi kaki yang lain.
  3. Gunakan bantal pada bagian bawah bayi sehingga lengan Anda tidak terlalu tegang saat memegang posisi bayi.
  4. Taruh bagian perut bayi diatas dada Anda sehingga mulut bayi bisa menggapai bagian puting payudara Anda.
  5. Setelah sesuai maka usahakan posisi tubuh Anda tetap santai sehingga bayi juga tetap nyaman.

Menyusui dengan posisi membuai bayi 

  1. Gunakan kursi atau bantalan untuk menopang bagian punggung Anda.
  2. Tempatkan kepala bayi pada bagian lekukan lengan Anda sehingga mulut bayi sesuai dengan posisi puting payudara.
  3. Gunakan sisi tangan yang lain untuk memegang bagian pantat bayi.
  4. Satukan tangan kanan dan tangan kiri Anda untuk menarik tubuh bayi agar lebih dekat

Disarankan untuk:

  • Posisi menyusui ini sangat baik untuk ibu yang melewati proses melahirkan normal baik saat melakukan IMD (inisiasi menyusui dini) maupun setelah ibu mulai pulih. Namun posisi ini sering dianggap sulit karena ibu harus membuat bayi menggapai posisi puting payudara.
  • Posisi ini sangat baik untuk bayi yang berusia satu bulan ke atas ketika bayi sudah bisa memiliki otot leher yang lebih kuat.
  • Posisi ini tidak sesuai untuk ibu yang menjalani persalinan caesar karena posisi bayi menekan perut berlebihan sehingga ibu tidak nyaman dan rentan untuk melukai bekas operasi.

Menyusui sambil tidur miring satu sisi 

  1. Ibu berbaring pada salah satu sisi payudar dimana ibu ingin menyusui bayi.
  2. Tempatkan kepala ibu pada bantal dengan posisi yang lebih tinggi
  3. Tempatkan posisi bayi pada sisi payudara yang berada dibagian bawah sehingga bayi sangat dekat dengan puting payudara.
  4. Gunakan lengan bagian bawah Anda untuk menopang kepala bayi dan membawa mulut bayi dekat ke arah payudara.
  5. Gunakan sisi tangan Anda yang lain untuk membantu bayi mendapatkan posisi puting payudara yang tepat sehingga bayi bisa menghisap ASI dengan baik.Menyusui akan menjadi salah satu kenangan yang tidak akan terlupakan oleh semua ibu, meskipun tentu saja anak Anda belum tentu ingat saat dewasa. Namun momen menyusui akan meningkatkan hubungan perasaan ibu dan anak menjadi sangat kuat. Lakukan beberapa cara menyusui yang berbeda sehingga ibu tidak merasa jenuh.

     

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya