ini-dampak-gizi-buruk-pada-masa-kehamilan

Cara Tepat Mendeteksi Ibu Hamil Yang Kekurangan Asupan Gizi

Assalamualaikum bunda, bagaimana kondisi kehamilannya saat ini? Semoga selalu sehat dan diberi kelancaran ya saat proses persalinan. Amiin

Bunda, pada masa kehamilan tentu gizi yang paling utama tak hanya untuk menjamin kesehat bunda. Gizi yang  baik juga sangat berpengarung pada janin yang dikandung. Umumnya penambahan berat pada tubuh ibu hamil di tiga bulan pertama sekitar 1 kg. Berat badan ukuran ibu hamil pun punya standarnya tersendiri, apabila saat pemeriksaan kehamilan berat badan bunda dibawah standar yang telah ditetapkan, tandanya bunda telah mengalami kekurangan gizi.

Untuk itu, yuk mengetahui sejak dini gizi yang telah Bunda peroleh lewat cara kasat mata

  1. Ciri umum yang paling utama bunda akan terlihat lesu, mudah letih, tidak bersemangat, bersikap apatis, kurang perhatian, mudah tersinggung, tidak refleks, sering pusing, kurang tenaga dan mudahmengantuk.
  2. Postur tubuh tidak proposional, bahu menurun, dada cekung dan kelihatan bungkuk.
  3. Tidak memiliki selera makan, pencernaan kurang baik, dan sembelit.
  4. Detak jantung tidak normal, kadang lemah dan kadang kuat.
  5. Rambut tampak berserabut, tidak mengkilat, mudah rontok dan kasar. ‘
  6. Kulit kasar, kering, pucat, dan timbul bintik-bintik kemerahan.
  7. Warna muka dan leher keabu-abuan, bersisik dan sembab.serta kelenjar leher yang membengkak.
  8. Pada area bawah mata tampak kehitaman dan pipi keluar sisik disekitar hidung dan mulut
  9. Mulut kelihatan bengkak dan kotor serta bagian dalamnya berbau kurang sedap
  10. Gusi sering berdarah tanpa sebab atau memerah di bagian tepinya serta sering radang dan mengerut
  11. Lidah berwarna merah tua, tampak bengkak dan membesar atau mengecil. Tak hanya lidah yang berdampak kurang baik, pada gigi akan ditemukan banyak lubang dan ompong posisi warnanya pun tidak beraturan.
  12. Pada bagian dalam selaput mata akan terlihat lebih pucat, kering dan tidak merah, terdapat tanda-tanda infeksi, di sudut mata kelihatan  merah, selaput luar mata kering, keruh dan lunak.
  13. Hal kecil seperti kuku pun akan berwarna pucatkering, rapuh dan tidak mengkilat serta tungkai dan kaki bengkak,nyeroi betis, dan merasa lemas.

 

Seperi yang disebutkan di awal bahwa tanda yang paling terlihat adalah penurunan berat badan pada Bunda. Ada baiknya jika telah mengetahui beberapa tanda yang janggal atau tidak umu baiknya diperiksa pada yang ahil dan tidak stress agar kekurang gizi bunda bisa teratasi seiring berjalannya waktu kehamilan sang buah hati . semoga bermanfaat !

(diolah dari berbagai sumber )

 

#parenting #kehamilan #gizi hamil #hamilanakpertama #proseskehamilan #ibudananak #giziibu #gizijanin #gizibaik #gizicukup #gizibayi #ibucerdas #masakehamilan #kebutuhangizihamil #cintaanak #proseskehamilan #aqiqahsaungdomba #saungdombainternational

Tags: No tags

Leave a Comment