fbpx

Ingin Menggunakan Cloth Diaper (Clodi ) Pada Bayi? Yuk Kenali Dulu Faktanya

Clodi atau Cloth Diaper – sudah cukup lama menjadi tren opsi pilihan para ibu sebagai alternatif dari popok sekali pakai (pospak). Kelebihan yang didapat juga cukup banyak dari pemakaian clodi ini.

Modern Clodi ini berbeda dengan popok kain konvensional yang biasa dipakai ibu – sejak dahulu yang penggunaannya menggunakan tali tipis dan diikatkan di pinggang.

Modern Clodi ini terdiri dari tiga lapis, 1 lapisan luar yang biasanya berbahan ‘breathable PUL’, semacam kain plastik yang tahan air. 1 lapisan yang paling dekat dengan kulit bayi, biasanya terbuat dari bahan Suede atau Fleece, sekarang juga sudah banyak yang berbahan Bamboo, dimana bahan satu konon kabarnya lebih ‘stay dry’ sehingga nyaman dan aman untuk kulit bayi.

Kemudian lapisan yang berada diantara kedua lapis tersebut, biasa disebut Insert yang biasanya terbuat dari bahan microfiber, microterry, hemp dan Bamboo. Untuk ‘All in One’ Diaper, lapisan ini dijahit diantara lapisan inner dan outer, sedangkan untuk ‘Pocket Diaper’ insert dapat di-keluar-masuk-kan ke dalam pocket yang merupakan ruang diantara lapisan inner dan outer.

Apa yang membedakan bahan-bahan insert tersebut?

Biasanya akan terlihat pada kualitas penyerapan, berapa jam akan bertahan dari kebocoran. Urutan kualitas sebagai berikut :

Microfiber : bertahan sekitar 3 jam

Microterry : bertahan 3-4 jam

Bamboo : bertahan 4-5 jam

Hemp : 5-6 jam

Untuk penggunaannya bisa didouble dan dikombinasikan macam-macam bahan tersebut. ketahanan diapers  ini juga bergantung dengan intensitas pipis bagi.

Untuk bentuk Clodi sendiri  hampir sama dengan pospak (popok sekali pakai), pengaitnya bisa berupa kancing (snap) atau prepet (velcro/aplix), biasanya kancing lebih awet, tetapi untuk alasan kemudahan pemakaian pada bayi yang sudah banyak gerak, pilihan velcro/aplix menjadi cukup rasional.

Lalu bagaimana unuk pemakaiannya pada bayi? Apakah ada batas usia tertentu?

Clodi dapat dipakai oleh bayi New Born atau baru lahir. Untuk ukuran ini biasanya dapat bertahan hingga 3 bulan. Namun, jika bunda memiliki baby yang mudah bertambah bobot tubuhnya ada kemungkinan clodi tidak sampai umur 3 bulan. Sedangkan untuk ukuran clodi bayi ukuran 3 bulan dapat dipakai sampai bayi berumur 1 tahun.  Setelah itu clodi dapat disimpan dan digunakan untuk si adiknya nanti.

Clodi juga diunggulkan karena dianggap dapat menghemat pengeluaran keluarga seperti saat membeli pampers (pospak) sebulan dengan jumlah banyak.

Semoga bermanfaat !

(diolah dari berbagai sumber )

 

Aqiqah Saung Domba | Jagonya Aqiqah Jabodetabek
www.aqiqahsaungdomba.com
Facebook : Aqiqah Saung domba
Instagram : aqiqah_saungdomba32
Telp / Wa : 021 – 786 3834 / 0815 1917 5188
Jln.Margonda Raya Gg.Pepaya no 32 Pondok Cina, Beji, Depok Jawa Barat.

#diapers pampers #pospak #alergipampers #pampersbayi#clodi #clothdiapers #pampershemat #parenting #tumbuhkembang #orangtuabijak #orangtua #pasangan #pasanganmuda #anak #edukasianak #kesehatananak  #saungdombainternasional #saungdomba #saungdombaaqiqah

 

 

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya