Inilah Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

Inilah Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi

Vitamin B atau piridoksin adalah salah satu bagian dari vitamin B lainnya atau yang lebih sering disebut dengan vitamin B kompleks. Tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh saja, vitamin B6 juga kaya manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan calon bayi. Ya, hamil adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan suami istri. Sebab hal ini dapat membuat keluarga mereka akan semakin lengkap dan bahagia.
Saat hamil pun para wanita pastinya akan mencukupi asupan vitamin dan nutrisi. salah satu vitamin yang harus dipenuhi ibu hamil adalah vitamin B6. Jika dibandingkan pada saat tidak hamil, ibu hamil memerlukan asupan vitamin B6 lebih banyak sampai masa persalinan tiba. Dalam setiap harinya ibu hamil harus memenuhi vitamin ini sebanyak 2 miligram atau lebih.

Sebab jika kurang, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup berbahaya bagi ibu hamil dan calon bayi. Nah bagi Anda yang tidak ingin kekurangan vitamin B6, mulailah mengonsumsi makanan sumber vitamin B6 seperti kacang, hati, keju, pisang, bayam, susu, sereal, wortel, kentang, daging dan ikan. Selain makanan tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin B6 sesuai dengan resep dokter. Lalu apa saja manfaatnya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Inilah Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi
Mengatasi Mual dan Muntah selama Kehamilan
Manfaat yang pertama adalah untuk mengatasi morning sickness. Sebuah penelitan menunjukkan pemberian suplemen vitamin B6 pada ibu hamil cukup efektif untuk mengurangi mual dan muntah selama kehamilan atau yang biasa disebut morning sickness. Namun untuk mengatasi mual dan muntah dengan menggunakan vitamin B6, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan lebih tahu berapa dosis penggunaan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Sehingga tubuh tidak kekurangan ataupun kelebihan vitamin B6.

Mengontrol dan Memperbaiki Metabolisme tubuh
Manfaat yang kedua adalah untuk mengontrol dan memperbaiki metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh berguna untuk mencerna sesuatu yang masuk ke dalam tubuh manusia. Sehingga metabolisme tubuh yang baik tentu saja dapat membuat kesehatan tubuh tetap terjaga.
Selain menjaga berat badan tetap optimal dan tidur teratur, salah satu hal yang dapat untuk memperbaiki metabolisme tubuh adalah dengan mengonsumsi vitamin B6. Oleh karena itu, mulailah untuk berolahraga teratur, menjaga berat badan tetap ideal dan mengonsumsi makanan sehat kaya vitamin B6 agar metabolisme tubuh tetap terjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Pembentukan Sel Darah Merah
Jika dibandingkan dengan sel darah putih, sel darah merah adalah sel darah yang paling banyak berada di dalam tubuh kita untuk membawa oksigen dan zat lainnya. Fungsi umum sel darah merah adalah untuk penentuan golongan darah, pelebran pembuluh darah, menjaga sistem kekebalan tubuh serta untuk menghantarkan oksigen ke seluruh tubuh.
Sel darah merah sendiri terbentuk atau diproduksi di dalam sumsum merah tulang pipih. Untuk membantu proses produksi sel darah merah, kita harus mendukungnya dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Vitamin B6 adalah salah satu nutrisi yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah atau eritrosit.

Menambah Energi pada Ibu Hamil
Manfaat vitamin B6 selanjutnya adalah untuk menambah energi pada ibu hamil. Ibu hamil pastinya membutuhkan energi yang ekstra, maka jangan heran jika ibu hamil akan lebih sering makan sebab tak hanya dirinya saja yang membutuhkan asupan gizi, janin yang ada di dalam kandungannya pun membutuhkan asupan gizi untuk tumbuh dan berkembang.

Asupan vitamin B6 yang bisa Anda konsumsi saat hamil adalah buah-buahan, sayuran, ikan dan masih banyak lagi. Selain kaya vitamin B6, buah, sayur dan ikan juga kaya nutrisi lain yang dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh serta membuat tumbuh kembang janin lebih optimal.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat berikutnya adalah untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat pastinya dapat membuat ibu hamil lebih sehat dan dan tidak mudah terserang penyakit. selain vitamin B6, vitamin C juga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

sumber : http://disehat.com

 

 

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya