fbpx

Yuk! Kenali Penyebab Tantrum Dan Cara Mengatasinya

Assalamualaikum Bunda, bagaimana kondisi perkembangan buah hati? Semakin cerdas dan menggemaskan bukan? Atau kini mereka sedang sering marah–marah, mengamuk bahkan hendak membanting barang-barang di sekitarnya? Kondisi tersebut sering disebut juga dengan Temper Tantrum atau Tantrum Bunda. Yuk Kenali penyebab tantrum dan bagaimana cara mengatasinya!

Masa kanak-kanak adalah saat mereka masih labil untuk mengolah emosinya. Maka bunda tak perlu khawatir. Gejala Tantrum biasanya terjadi pada anak berumur 1 sampai 4  tahun. Pada saat itu anak menginginkan sesuatu namun tidak dapat mengungkapkannya, hal ini disebabkan karena kemampuan bahasanya yang belum bisa memahami struktur kalimat yang kompleks secara benar. Mereka hanya mampu mengungkapkan beberapa kata di dalam pikirannya. Sehingga mereka mengamuk untuk mengutarakan apa maksudnya.

Dikutip dari Colorado State University Extension, R.J. Fetsch and B. Jacobson mengatakan bahwa tantrum biasanya terjadi pada usia 2 sampai 3 tahun ketika anak-anak membentuk kesadaran diri. Balita belum cukup memahami kata “aku” dan “keinginan dirinya” tetapi sangat mudah untuk tahu bagaimana memuaskan apa yang diinginkan.

Faktor penyebab

Ada banyak sebab temper tantrum. Beberapa penyebab tantrum entah dari pihak ekstrenal atau internal. Pihak internal ialah dari dalam dirinya sendiri, seperti rasa lapar, lelah memiliki masalah dengan bicara, sakit  dan sebagainya.

Untuk faktor eksternal biasanya lebih kepada keluarga dan lingkungan sekitarnya seperti disiplin yang tidak konsisten, mengkritik terlalu banyak, orang tua yang terlalu protektif atau lalai, anak-anak yang tidak memiliki cukup cinta dan perhatian dari orang tua mereka, masalah dengan pernikahan, gangguan bermain, baik untuk masalah emosional orang tua, bertemu dengan orang asing, bahkan persaingan dengan saudaranya sendiri.

Cara mengatasi Tantrum pada Anak

  1. Berbicara dengan anak yuk Bun,

Anak-anak akan marah dan menjadi agresif dalam mengekspresikan perasaan mereka. Mencari tahu apa yang membuatnya seperti itu adalah hal utama yang harus Anda lakukan untuk membantu meredakan tantrumnya. Berbicaralah pada mereka tentang apa yang mereka rasakan. Tunjukkan padanya bahwa Anda mencintai mereka, tapi tidak perilaku mereka. Anak-anak dapat berperilaku buruk karena mereka membutuhkan perhatian yang lebih.

 

  1. Saatnya kita tetap tenang bukan ikut emosi lho

Jika anak Anda tengah mengalami tantrum, usahakan bahwa Anda tidak terjebak dalam situasi emosi tersebut. Anda harus tetap tenang dan tidak emosional. Beritahukan padanya, jika ia tenang maka Anda akan berbicara padanya tentang keinginannya. Bernegosiasilah dengan buah hati Anda. Sebagai orang dewasa, Anda jangan terpancing emosi saat anak Anda mengamuk atau marah-marah. Jangan membiarkannya melempar barang yang ada di dekatnya. Beri tahu bahwa yang ia lakukan itu tidak baik.

 

  1. Waktunya mencari Pengalihan

Anak kecil sangat mudah melupakan sesuatu dan tertarik pada hal baru. Manfaatkan hal ini untuk mengalihkan emosinya saat tantrum pada anak terjadi. Ada baiknya Anda mencari pengalihan seperti mainan yang sudah lama tidak dimainkan atau jajanan kesukaan untuk menghiburnya. Hal itu bisa membuatnya lupa dengan tantrumnya, lho. Anda bisa mengajaknya bermain atau memintanya untuk membantu Anda memasak dan lain sebagainya.

 

  1. Hal yang paling dihindari, Jangan pukul anakmu bunda

Saat anak Anda mengalami tantrum, janganlah memukulnya atau berteriak padanya. Memukulnya bukanlah pilihan yang tepat dan itu akan membuat tantrumnya menjadi lebih buruk lagi. Kendati Anda bisa saja terpancing emosi oleh tingkahnya, usahakan untuk ambil napas dalam-dalam, kontrol emosi Anda, dan cobalah untuk membuatnya tenang. Anda harus berusaha tegas dan disiplin padanya. Jangan biarkan tantrumnya menjadi kebiasaan yang kerap ia lakukan jika ia menginginkan sesuatu yang tidak Anda turuti.

Setelah mengetahui penyebab tantrum dan bagaimana cara mengatasinya,

Yuk jadikan diri kita sebagai sandaran buah hati dalam keadaan apapun dirinya setiap hari, semoga bermanfaat!

(diolah dari berbagai sumber)

Aqiqah Saung Domba | Jagonya Aqiqah Jabodetabek
www.aqiqahsaungdomba.com
Facebook : Aqiqah Saung domba
Instagram : aqiqah_saungdomba32
Telp / Wa : 021 – 786 3834 / 0815 1917 5188
Jln.Margonda Raya Gg.Pepaya no 32 Pondok Cina, Beji, Depok Jawa Barat

#parenting #tantrum #anaktantrum #tempertantrum #menanganitantrum #penyebabtantrum #parenting #tumbuhkembang #orangtuabijak #orangtua #pasangan #pasanganmuda #anak #edukasianak #kesehatananak  #saungdombainternasional #saungdomba #saungdombaaqiqah

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya