fbpx

Kisah Anak Sholeh Yang Tidak Ingin Masuk Syurga

Assalamualaikum ayah bunda, kali ini kita akan mendengarkan sedikitk kisah yang mungkin beberapa orang tua sudah mendengar sebelumnya. Yaitu kisah seorang anak sholeh yang tidak ingin masuk syurga.

Dikisahkan, di akhirat setelah penghakiman yang panjang, ada seorang yang menjadi ahli surga, dan dia akan dimasukkan ke dalam surga oleh malaikat yang bertugas. Namun baru sampai pintu surga, orang itu menolak masuk dan membuat malaikat bingung,

 

Penghuni surga : “Saya tidak mau masuk wahai malaikat”.

Malaikat : “Hey, kamu sudah menjadi ahli surga, kenapa kamu tidak mau masuk ke surga?”

Penghuni surga : “Aku tadi melihat ayah dan ibuku dibawa ke neraka, aku tidak mau masuk ke syurga kalau mereka tidak ikut ke syurga juga.”

Malaikat : “Ayah dan ibumu melakukan banyak dosa di dunia, mereka pantas mendapatkan hukuman di neraka, sedangkan kamu adalah penghuni surga. Ayo masuk saja!”

Penghuni surga : “Tidak mau malaikat! Orang tuaku harus ikut ke surga denganku (ia pun menangis tersedu).”

Malaikat bingung dengan keadaan ini, akhirnya malaikat membawa kembali ahli surga ini ke hadapan Tuhan dan menjelaskan keadaan yang terjadi. Ahli surga ini kemudian menjelaskan kenapa dia tidak mau masuk ke surga kalau orang tuanya tidak dimasukkan surga juga.

Ahli surga : “Ya Tuhan, orang tua saya memang banyak berbuat dosa di dunia, namun mereka tak pernah mendidik saya untuk mengikuti kejelekan mereka. Dan saya berhutang budi kepada mereka, saya bisa menjadi ahli surga dan menjauhi perbuatan buruk semata karena mereka yang menyekolahkan saya dan memberikan pendidikan agama, mereka mengeluarkan banyak biaya untuk saya. Jadi kalau Engkau berkenan wahai Tuhan, ajaklah kedua orang tuaku ke surga karena aku berhutang budi kepada mereka.”

Allah SWT yang maha pengasih dan penyanyang akhirnya mengampuni dosa orang tua dari ahli surga ini, mereka kemudian bersama-sama masuk ke surga dan menikmati segala kenikmatan yang tak terhingga selama-lamanya.

Kisah ini merupakan kisah mengenai anak yang Sholeh dan berbakti kepada dua orangtuannya, yang entah benar atau tidaknya, namun dengan kisah ini semoga bisa membuka mata hati para orang tua tentang pentingnya pendidikan agama untuk anaknya.

Salah seorang ulama berkata;

‘Sesungguhnya ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala pada hari kiamat (nanti) akan meminta pertanggungjawaban dari orang tua tentang anaknya sebelum meminta pertanggungjawaban dari anak tentang orang tuanya. Karena sebagaimana orang tua mempunyai hak (yang harus dipenuhi) anaknya, (demikian pula) anak mempunyai hak (yang harus dipenuhi) orang tuanya. Maka sebagaimana Allah berfirman,

“Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada kedua orang tuanya.” (Qs. al-‘Ankabuut: 8)

(Demikian juga) Allah berfirman,

“Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (Qs. at-Tahriim: 6)

Wallahualam bishowab, semoga bermafaat

(diolah dari berbagai sumber

#anaksholeh #anaksholehah #keluarga #rezekianak #berkahanak #ayahhebat #ibuhebat #ibucerdas #kehamilansehat #aqiqahdepok #aqiqahjabodetabek #aqiqahmurah #aqiqahbogor #aqiqahtangerang #aqiqahbekasi #aqiqahanak #hukumaqiqah #masakanaqiqah #hargaaqiqahmurah #hargakambingaqiqah #hargadombaaqiqah #aqiqahsaungdomba

 

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya