Mengenal Otak Janin Dan Kebutuhan Gizi Yang Diperlukan

Otak merupakan fungsi utama dari seluruh kegiatan bagian tubuh manusia. Lebih jelasnya lagi, otak menjadi pusat kecerdasan, ketrampilan kepekaan dan perkembangan mental manusia. Disini, bunda perlu Mengenal Otak Janin Dan Kebutuhan Gizi Yang Diperlukan.

Menurut penelitian, sekitar 60% otak, terdiri atas lemak sebagai bahan penyusunnya. Dari jumlah tersebut, asam lemak omega 3  (DHA) merupakan lemak dominan penyusun sel otak bayi.

Perkembangan otak sendiri dimulai ketika janin berada dalam kandungan. Pertumbuhan dan perkembangan otak  yang  tercepat terjadi  pada trismester terakhir masa kehamilan sampai bayi berusia 5-6 bulan. Itulah sebabnya, periode trimester ke-3 kehamilan merupakan masa paling penting karena merupakan fase kritis.

Berikut ini adalah berbagai zat gizi yang sangat besar pengaruhnya untuk perkembangan otak janin:

  • Asam lemak omega 3

Fungsi fisiologis asam lemak omega 3 ini telah banyak diteliti dan ternyata berperan penting pada aspek kesehatan. Khususnya bayi, asam ini berperan besar pada perkembangan sel saraf, otak, dan indra penglihatan. Kekurangan asam lemak ini sangat berhubungan dengan gangguan proses penghantaran pesan atau rangsang oleh  sel-sel saraf, sehingga bisa mengakibatkan berbagai hal, seperti menurunnya daya ingat, penglihatan yang buruk dan menurunnya fungsi imun.

  • Asam lemak omega 6

Jenis yang paling terkenal adalah asam lenoleat. Asam lemak ini merupakan prekusor pembentukan asam lemak arakidonat (AA). AA bersama DHA terbukti membantu proses perkembangan otakbayi.  Hal ini diungkapkan dalam American Journal Clinical Nutrition, DHA di otak dan retina mempengaruhi berbagai hal, seperti ganggunan kemampuan penglihatan, gangguan kemampuan belajar, gangguan perilaku dan gangguan metabolisme neurotransmitter penghantar rangsang di antara sel-sel otak.

  • Asam lemak omega 9

Asam lemak ini berperan dalam menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam darah.  Bahan makanan sumber asam lemak ini adalah kacang-kacangan, minyak kelapa sawit, minyak zaitun, minyak kemiri dan daging.

Jika Anda bertanya zat mana yang lebih unggul dibutuhkan di antara ketiganya, upayakanlah zat terpenuhi secara berimbang dan tidak kurang ataupun berlebihan. Arena sesuatu yang berlebihan walaupun fungsi utamanya baik dapat juga berujung pada dampak negatif. Semoga bermanfaat !

 

Aqiqah Saung Domba | Jagonya Aqiqah Jabodetabek
www.aqiqahsaungdomba.com
Facebook : Aqiqah Saung domba
Instagram : aqiqah_saungdomba32
Telp / Wa : 021 – 786 3834 / 0815 1917 5188
Jln.Margonda Raya Gg.Pepaya no 32 Pondok Cina, Beji, Depok Jawa Barat

#janin #janinbayi #perkembanganjanin #parenting #tumbuhkembang #orangtuabijak #orangtua #pasangan #pasanganmuda #anak #edukasianak #kesehatananak  #saungdombainternasional #saungdomba #saungdombaaqiqah

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya