fbpx

Yuk Cari Tahu! Pada Usia Berapa Bayi Dapat Melihat Dengan Jelas?

Bunda, sebagai ibu pasti kita sangat ingin melihat bayi kita tumbuh dengan baik dan sempurna. Terutama dalam mengenali wajah kedua orangtuannya. Dalam tubuh kita Delapan puluh persen dari koneksi dengan dunia dilakukan melalui mata, dan perkembangan penglihatan adalah contoh yang luar biasa. Yuk cari tahu, pada usia berapa bayi Anda dapat melihat dengan jelas?

Berikut informasinya yang sudah kami rangkum untuk Bunda, pada usia berapa saja tahap perkembangan melihat sang buah hati tercinta;

  • Usia Baru lahir

Pada usia ini pandangannya masih sangat buram. Dia juga dapat berkedip sebagai upaya merespon cahaya terang yang datang tiba-tiba ke arahnya. Penglihatannya pun masih tidak fokus apalagi dengan jarak yang jauh. Pandangannya baru sekitar 20-30 cm saja, itu pun sudah terlalu jauh baginya.

  • Usia 1 bulan

Seperti yang diketahui penglihatan bayi masih hanya dapat dijangkau pada jarak dekat. Yakni antara jarak bayi dengan ibu yang menggendongnya. Momen ini tentu menjadi kesempatan emas untuk lebih dekat dengannya. Jangan lupa untuk selalu kontak mata dan ajak berbicara buah hati ya bunda!

  • Usai 2 bulan

Bayi sudah dapat melihat warna sejak lahir, namun ia masih kesulitan membedakan warna yang hampir mirip, seperti merah dan oranye. Itu sebabnya, bayi lebih suka pola hitam-putih atau pola dengan kontras sangat tinggi. Otaknya pun sudah mulai bekerja dan mempelajari perbedaan warna. Karena itulah, pada tahapan ini sebaiknya Anda mulai memperkenalkan aneka gambar, foto, buku, atau mainan.

  • Usia 4 bulan

Pada usia ini, bayi Anda mulai mengembangkan persepsi kedalaman (depth perception). Dia sudah dapat menilai seberapa jauh suatu benda dari dirinya. Bayi juga mulai pandai mengontrol tangannya (perkembangan motoriknya pada usia ini makin baik), sehingga perkembangan visualnya sangat membantunya untuk meraih sesuatu seperti rambut atau mainan.

  • Usia 5 bulan

Bayi Anda makin baik dalam melihat benda-benda sangat kecil dan objek bergerak. Dia bahkan sudah dapat mengenali sesuatu hanya dengan melihat sebagian dari benda tersebut. Dia juga mampu memahami bahwa benda-benda itu ada meski dia tidak sedang melihatnya saat itu juga.

Itu sebabnya, bayi 5 bulan Anda senang sekali bermain cilukba. Bayi pada usia ini juga sudah mampu membedakan warna-warna terang yang mirip dan perlahan dia juga mempelajari warna-warna pastel dan lembut yang berbeda.

  • Usia 8 bulan

Pada usia ini, penglihatan bayi sudah hampir sama seperti orang dewasa dalam hal kejelasan dan persepsi kedalaman. Meski perhatiannya masih tetap pada objek yang dekat, pandangannya sudah cukup kuat dalam mengenali orang-orang atau objek di sekitar ruangan. Dia sudah dapat mengenali warna-warna dengan jelas.

  • Usia 9 bulan

Mata bayi Anda semakin tajam melihat, baik terhadap warna maupun objek. Dia sudah dapat memilih dan mengambil benda yang dia sukai. Dia juga sudah dapat menunjuk atau meminta benda yang ada di sekitarnya.

  • Usia 12 bulan

Inilah saatnya, pada usia 12 bulan bayi Anda memiliki persepsi kedalaman dan dapat mengatakan perbedaan antara dekat dan jauh. Dia juga dapat mengenali orang-orang (yang dia kenal sebelumnya, tentu saja) dari kejauhan.

Senang ya Bunda mengetahui pekembangan Buah Hati pada usia berapa dapat melihat dengan jelas. Dan alangkah indahnya dapat melihat perkembangan anak hingga dewasa nanti. Semoga bermanfaat!

Sumber : ibupedia.com

#penglihatananak #perkembanganmelihat #matabayi #matahati #mataanak #anakmelihat #parenting #asuhanak #mengasuhanak #ibu #ibuanak #buahhati #aqiqah #aqiqahan #aqiqahsaungdomba #aqiqahdepok#aqiqahanak  #aqiqahbuahhati

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya