fbpx

Payudara Nyeri Saat Kehamilan? Atasi Dengan Cara Ini

Assalamualaikum bunda, payudara sering nyeri saat kehamilan? Apakah itu berbahaya? Yuk kita cari tahu alasan dan cara mengatasinya payudara nyeri saat hamil.

Seperti yang kita tahu, pada masa kehamillan tubuh mengalami penyesuaian terhadap beberapa perubahan yang terjadi pada kita, tak terkecuali dengan payudara yang rasa nyerinya lebih sakit daripada saat menstruasi.

Hal ini jelas terjadi karena produksi hormon estrogen dan progesteron meningkat saat kehamilan. Hormon tersebut dipersiapkan tubuh untuk menunjang tumbuh kembang bayi saat berada di dalam kandungan. Hormon-hormon tersebut mungkin bertanggung jawab atas rasa nyeri pada payudara bunda.

Payudara nyeri biasanya terjadi ketika kehamilan berada pada usia 4 hingga 6 minggu dan berlangsung selama trimester pertama. Bahkan, dalam beberapa kasus, nyeri payudara dapat dialami sebelum bunda tahu bahwa kin telah mengandung.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Saat PMS saja sudah terasa sakit. Salah satu siasat atau cara mengurangi rasa nyeri payudara pada saat hamil dapat dilakukan dengan memilih bra yang tepat.

Di masa kehamilan, Bunda sudah tidak bisa memakai bra yang biasa dikenakan sehari-hari, mengingat kondisi payudara yang berubah dan seiring membesarnya ukuran payudara.

Berikut kriteria bra yang tepat untuk ibu hamil:

Jika sebelum hamil Bunda  sering memakai bra berkawat, disarankan untuk tidak menggunakannya selagi hamil. Bra jenis ini dapat membuat payudara tidak nyaman sekaligus tidak cocok untuk menghadapi perubahan payudaramu.

Agar payudara ditopang dengan baik, pastikan untuk memakai bra yang sesuai dengan ukuran payudara. Jangan memakai bra yang terlalu ketat atau longgar.

Saat tidur, gunakan bra untuk ibu hamil yang terbuat dari katun. Bra jenis ini mungkin bisa mengatasi rasa nyeri saat tidur.

Pergantian bra beberapa kali bisa saja  diperlukan selama masa kehamilan. Karena pada masa ini payudara Bunda dapat membesar.

Biasanya, ibu hamil disarankan untuk menghindari beberapa jenis obat penghilang rasa sakit. Namun, jika kamu sudah tidak bisa menahan rasa nyeri di payudara Bunda dapat mengonsumsi obat tertentu tentunya dengan mengonsultasikannya pada dokter ahli.

Semoga bermanfaat !

Sumber : alodokter

#kehamilan #brahamil #payudaramembesar #payudaranyeri  #infohamil #ibuhebat #ibucerdas #kehamilansehat #aqiqahdepok #aqiqahjabodetabek #aqiqahmurah #aqiqahbogor #aqiqahtangerang #aqiqahbekasi #aqiqahanak #hukumaqiqah #masakanaqiqah #hargaaqiqahmurah #hargakambingaqiqah #hargadombaaqiqah #aqiqahsaungdomba

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya