Alergi dingin pada anak

Saatnya Cepat Tanggap Tangani Alergi Dingin Pada Anak

Bentol adalah reaksi umum yang muncul jika tersengat nyamuk atau serangga lainnya seprti lebah. Namun, bagaimana jika muncuk bentol  di kulit anak padahal tidak tersengat apa-apa pada kulitanya ? bisa jadi itu adalah alergi dingin Bunda.

Melihat gejalanya yang timbul, sebenarnya masih ada beberapa kemungkinan lain yang diderita anak, seperti eksim atopik, biduran (urtikaria) yang mungkin disebabkan oleh banyak faktor, dll.

Namun, bila benar ini suatu reaksi alergi akibat perubahan suhu, biasanya gejala di kulit, berupa bentol merah (biduran), timbul di beberapa bagian atau seluruh tubuh. Bentol ini terasa gatal dan akan menghilang dalam 24 jam. Jika paparannya masih terjadi, biduran bisa timbul kembali. Secara medis, kelainan ini disebut urtikaria.

Penyebab

Urtikaria bisa disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya adalah perubahan suhu, baik dingin mau pun panas. Ada skin test yang bisa dilakukan untuk memastikan hal ini.  Meski begitu, kelainan ini umumnya akan menghilang dengan sendirinya bila suhu sudah menghangat kembali.

Penyembuhan

  • Pertolongan pertama yang bisa dilakukan berupa menghangatkan badan anak.
  • Bunda dapat  memberikan bedak atau bedak kocok untuk mengurangi rasa gatal.
  • Aturlah AC dengan suhu yang nyaman
  • Pakaikan anak dengan baju yang sesuai
  • Jangan panik untuk memberikan makanan sehari-harinya, karena jika alergi disebabkan oleh suhu makan tidak ada pengaruh dengan asupan anak.

Penanganan Lanjut

Penanganan lanjut sebenarnya untuk memastikan sendiri bahwa tindakan pecegahan yang kita lakukan tepat, akan lebih baik dilakukan skin test. Tes ini memang lebih baik dilakukan pada anak usia lebih besar (misalnya, 8 tahun), agar hasilnya bisa diinterpretasi secara akurat. Pada anak yang masih kecil, diperlukan investigasi untuk mencari penyebab yang paling mungkin.

Bawalah anak ke dokter  bila kejadian ini sudah berulang kali terjadi dan sudah mengenai bibir atau mata. Bengkak di mata dan bibir merupakan suatu keadaan darurat yang mengharuskan si kecil dibawa ke rumah sakit. Untuk pencegahannya, bisa dilakukan dengan cara menghindari pemicu kelainan kulitnya, yaitu suhu yang terlalu dingin.

Sumber : Parenting.co.id

#orangtuabijak #orangtua #pasangan #pasanganmuda #anak #anakalergi #anakbiduran #anakbentol #alergisuhudingin #alergidingin #edukasianak #kesehatananak  #saungdombainternasional #saungdomba #saungdombaaqiqah

Tags: No tags

Leave a Comment