bayi-dalam-rahim-caracepethamil

Ternyata Begini Cara Bayi Bernapas Di Dalam Rahim

Sebagai seorang ibu atau calon ibu, tentu kita akan selalu ingin tahu dan penasaran dengan segala perkembangan sang buah hati. Apa saja yang dilakukannya di dalam perut selama sembilan bulan kehamilan termasuk cara bernapasnya.

Ya, bernapas adalah kebutuhan manusia yang tidak bisa ditawar lagi. Dengan bernapas dan memperoleh oksigen tentu kehidupan seorang manusia dapat berlangsung. Lalu bagaimana dengan janin yang ada diperut? Bagaiamana ia dapat bernapas ?

Seluruh kebutuhan janin termasuk oksigen didapatkan dari plasenta. Janin belum memiliki paru-paru yang sempurna untuk menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, plasenta membantu janin mendapatkan oksigen secara keseluruhan. Hal inilah yang membuat Bunda harus tetap sehat dan menjauhi kebiasaan buruk seperti merokok.

Plasenta sendiri menempel pada dinding rahim dan terhubung dengan janin. Oksigen yang dihirup oleh Bunda juga ikut dihirup oleh bayi. Penting bagi seorang ibu menjaga udara yang bersih untuk masuk ke dalam tubuh.

Oksigen yang dihirup oleh ibu dibawa oleh darah dan diteruskan hingga plasenta. Proses pembuangannya juga sama. Karbondioksida yang diproduksi janin dibawa oleh darah untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

Kegitana bernapas bayi pun dapat dilihat dengan jelas, namun kegitan tersebut dapat dilihat dengan jelas pada usia 9 minggu kehamilan. Memantau napas sejak janin dini sangat penting untuk mengetahui apakah janin dapat bernapas dengan baik. Latihan pernapasan ini sangat penting agar ia siap bernapas dengan seluruh organ tubuhnya sendiri saat ia lahir nanti.

Menangis saat lahir menjadi salah satu tanda bahwa ia berhasil napas pertama kali. Seorang bayi mulai menggunakan paru-parunya saat plasenta dipotong. Paru-paru bayi akan mulai menyuplai oksigen ke tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida yang dihembuskan keluar tubuh.

Hal ini dapat menjadi masalah pada kelahiran prematur karena organ yang belum siap. Secara normal, paru-paru akan berfungsi setelah 32 minggu kehamilan.

Subhanallah, luar biasa Allah menciptakan setiap makhluknya, semoga bermanfaat !

Sumber: nakita

#bayibernapas #janinnapas #tolakasaprokok  #janinsehat #janinjcerdas  #ibuhebat #ibucerdas #kehamilansehat #aqiqahdepok #aqiqahjabodetabek #aqiqahmurah #aqiqahbogor #aqiqahtangerang #aqiqahbekasi #aqiqahanak #hukumaqiqah #masakanaqiqah #hargaaqiqahmurah #hargakambingaqiqah #hargadombaaqiqah #aqiqahsaungdomba

Tags: No tags

Silakan komentarnya