fbpx

Ternyata Ini Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memberi MPASI Pada Bayi

Pemberian asupan pada anak memiliki tahapan-tahapan tertentu, salah satunya memberi MPASI pada bayi, Setelah berusia 6 bulan, bayi mulai bisa dikenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Pemberian MPASI harus sesuai dengan jadwal yang ditentukan, dan diberikan secara bertahap, karena pemberian yang terlalu cepat atau lambat bisa menimbulkan masalah kesehatan pada bayi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, ibu dianjurkan tetap memberikan ASI pada bayi, karena sejatinya MPASI ini merupakan makanan pendamping ASI eksklusif.

Kandungan nutrisi ASI eksklusif bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi sampai berusia 6 bulan. Selanjutny,a bayi memerlukan nutrisi tambahan berupa MPASI agar tidak terjadi gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, pemberian MPASI juga berfungsi untuk melatih kemampuan otot oromotor (otot-otot di mulut) dan kemampuan motorik bayi.

Waktu pengenalan MPASI pada bayi merupakan hal yang penting karena dapat mempengaruhi kesehatan bayi di masa akan datang. Pemberian MPASI dikatakan berhasil jika dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, bayi bisa menelan dengan baik (tidak tersedak), dan tidak melebihi kemampuan organ pencernaan dan ginjal dalam mencerna makanan.

Unutk itu, Bunda dapat mendeteksinya  melalui beberapa tanda bahwa bayi anda siap untuk dikenalkan MPASI, yakni :

  • Bayi dapat berdiri jika dibantu.
  • Bayi mampu menegakkan kepala dan leher supaya tidak jatuh.
  • Menunjukkan kemampuan motorik yang baik seperti mampu menggenggam dan memasukkan makanan atau mainan ke arah mulut.
  • Bergerak condong ke depan dan membuka mulut jika tertarik pada makanan, serta ke belakang dan menutup mulut jika tidak tertarik pada makanan atau tidak lapar
  • Kenapa MPASI sebaiknya diberikan saat bayi berusia 6 bulan?
  • Pemberian MPASI disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi, kemampuan, serta kesiapan organ bayi untuk menerima makanan tambahan. Terlalu cepat atau lambat bisa memberikan efek yang kurang diinginkan bagi kesehatan bayi.

Lalu, Bagaimana cara pemberian MPASI yang baik?

Seperti yang kita ketahui bayi diberi MPASI mulai umur 6 bulan hingga umur 8 bulan, Pada usia ini MPASI diberikan 2-3 kali sehari, dengan makanan selingan 1-2 kali. Makanan yang bisa diberikan biasanya berupa makanan lumat : buah-buahan yang dikerok atau dihaluskan seperti pisang, pepaya, kentang, atau bubur susu, bubur saring atau nasi yang dihaluskan.

Apabila sudah terbiasa, bisa ditambahkan makanan lain seperti telur atau daging yang sudah dihaluskan.

Selanjutnya pada usia 9-11 bulan, MPASI dapat diberikan 2-3 kali sehari, dengan makanan selingan 1-2 kali. Pada usia ini pencernaan bayi sudah lebih kuat, sehingga bisa diberikan makanan seperti bubur saring nasi tim, biskuit, atau finger foods.

Usia > 12 bulan

Lanjut pada tahapan diatas 12 bulan MPASI tetap diberikan 2-3 kali sehari, dengan makanan selingan 1-2 kali. Bayi sudah bisa diberikan nasi lembek dengan lauk berupa tahu, tempe, telor, ikan, atau  daging yang sudah dicincang.

Semoga bermanfaat !

Sumber : hellosehat

#mpasi #makanan6bulan #makananbayi  #ayahhebat #ibuhebat #ibucerdas #kehamilansehat #aqiqahdepok #aqiqahjabodetabek #aqiqahmurah #aqiqahbogor #aqiqahtangerang #aqiqahbekasi #aqiqahanak #hukumaqiqah #masakanaqiqah #hargaaqiqahmurah #hargakambingaqiqah #hargadombaaqiqah #aqiqahsaungdomba

 

Dishare Yuk!

No comments

Silakan komentarnya