menjaga kesehatan saat hamil

11 Tips Menjaga Kesehatan Selama Hamil

Kesehatan Ibu dan bayi selama masa kehamilan merupakan hal wajib yang harus diupayakan secara serius. Agar tidak terjadi masalah di masa mendatang, berikut ini merupakan 11 Tips Menjaga Kesehatan selama Hamil :

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Makanan bergizi menjadi sumber nutrisi yang membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Jika Ibu rajin mengonsumsi makanan dengan nutrisi lengkap maka hal itu dapat mengurangi resiko anemia serta aneka macam gejala kehamilan yang membuat Ibu merasa kurang nyaman. Nutrisi yang harus dipenuhi di antaranya Vitamin C, Zat Besi, Zinc, Kalsium, Asam Folat dan Lemak Sehat.

Konsumsi Vitamin Saat Masa Prenatal

Untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan Ibu selama masa kehamilan, ada baiknya untuk mengonsumsi vitamin sebagai sumber tambahan nutrisi. Suplemen ini biasanya mengandung asam folat dan dikonsumsi kurang lebih selama 12 minggu pertama dalam masa kehamilan. Mengonsumsi vitamin juga harus berdasarkan konsultasi dengan para ahli atau dokter kandungan.

Rutin Berolahraga

Olahraga dengan rentang waktu yang sebentar namun rutin dilakukan sangat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi dan pernapasan, menguatkan otot serta daya tahan, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi sakit punggung. Beberapa jenis olahraga yang dipilih bisa berupa jogging, berjalan, yoga berenang hingga senam ringan tentunya berdasarkan rekomendasi dokter.

Rutin Check Up

Memeriksakan keadaan kandungan dan kondisi tubuh sangat penting bagi para Ibu hamil. Hal ini akan membantu penanganan secara dini jika terdapat masalah.

Baca Juga : Tips Cepat Melahirkan Sebelum Hari Perkiraan

Memenuhi Kebutuhan Cairan

Dehidrasi dapat menghambat kelancaran aliran darah pada tubuh. Setidaknya konsumsilah air putih minimal 8 gelas per hari agar tidak timbul rasa kelelahan, sembelit, infeksi saluran kencing karena kekurangan asupan cairan.

Istirahat Cukup

Kondisi hamil dapat membuat Ibu merasa lebih lelah daripada keadaan normal. Istirahat yang cukup dengan mengoptimalkan waktu tidur dapat membantu mengurangi atau meminimalisir rasa lelah yang dialami. Posisi tidur yang dianjurkan yakni dengan berbaring miring sembari menekuk lutut ke arah kiri agar darah dapat mengalir dengan lancar ke plasenta.

Hindari Stres

Ada berbagai macam hal yang kerap menjadi beban pikiran para Ibu hamil. Hal ini menimbulkan kecemasan yang memengaruhi daya tahan tubuh sang Ibu. Biasanya gejala yang muncul yakni berupa kurang nafsu makan, napas dan denyut nadi cenderung cepat, sakit kepala hingga insomnia. Untuk menghindarinya, isilah masa kehamilan dengan kegiatan positif yang fokus untuk menjaga kesehatan tubuh. Tips Kesehatan Selama Hamil

Perhatikan Berat Badan

Kondisi tubuh dengan berat badan berlebih maupun di bawah berat badan ideal bisa memicu masalah kesehatan pada Ibu dan janin. Kelebihan berat badan bisa mendatangkan masalah diabetes dan darah tinggi. Sedangkan kekurangan berat badan menjadi akibat dari kurangnya asupan nutrisi yang sudah tentu sangat berpotensi memengaruhi tumbuh kembang janin. Jika tubuh memiliki berat badan normal sebelum hamil, setidaknya penambahan berat badan mencapai angka 11 hingga 15 kg ketika dalam kondisi hamil. Tips Kesehatan Selama Hamil

Hindari Merokok dan Konsumsi Alkohol

Jika Anda merupakan seorang perokok atau sering mengonsumsi alkohol, hendaknya hindari kebiasaan ini saat sedang hamil. Janin yang belum memiliki kekuatan penuh dapat menerima dampak buruk dari kebiasaan tersebut. Maka, sangat penting untuk memerhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Suntik Vaksin

Di zaman modern hasil pengembangan vaksin sebagai upaya pencegahan serangan penyakit terhadap Ibu dan janinnya telah banyak digunakan. Vaksin digunakan untuk menurunkan resiko terkena penyakit yang membahayakan. Beberapa jenis vaksin yang umum di antaranya vaksin Hepatitis B, Influenza dan vaksin DT (Difteri Tetanus) dan TD (Tetanus Difteri, vaksin lanjutan).

Hubungi Unit Usaha Kami Yang Lain

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *