Ada 4 Gaya Orang Tua Mendidik Anak, Anda Kategori Apa_

Ada 4 Gaya Orang Tua Mendidik Anak, Anda Kategori Apa?

TEMPO.COJakarta – Orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh dengan baik dan mencapai kesuksesan. Namun, hal ini juga bergantung pada gaya parenting yang diterapkan oleh orang tua dalam membesarkan anak.

Gaya parenting merupakan cara mengasuh anak yang dilakukan oleh orang tua dalam kehidupan sehari-hari. Gaya parenting sangatlah penting dalam keluarga karena dapat berpengaruh pada kepribadian anak.

Gaya pengasuhan setiap orang tua mungkin berbeda-beda, namun terdapat 4 parenting style yang umumnya diterapkan oleh orang tua. Berikut 4 parenting style yang perlu Anda ketahui:

1. Berwibawa (authoritative)

Dalam gaya parenting ini, orang tua mengasuh, mendukung, dan responsif terhadap anak namun sekaligus memberi batasan yang tegas. Di satu sisi, orang tua memberikan kasih sayang, namun di sisi lain mendorong anak untuk mandiri.

Orang tua mau mendengarkan sudut pandang anak meski tidak semua pendapat anak dapat diterima. Dengan gaya parenting ini, orang tua berusaha mengendalikan perilaku anak dengan menjalankan aturan, berdiskusi, dan menggunakan nalar.

Anak yang dibesarkan dengan gaya pengasuhan ini cenderung ramah, bersemangat, ceria, dapat mengendalikan diri, memiliki rasa ingin tahu, kooperatif, tampak bahagia, lebih mandiri, dan mencapai kesuksesan akademik yang tinggi.

Selain itu, anak juga biasanya dapat berinteraksi dengan baik, memiliki keterampilan sosial yang bagus, memiliki kesehatan mental yang baik (lebih sedikit mengalami depresi, kecemasan, upaya bunuh diri, mengonsumsi alkohol, maupun penggunaan narkoba), dan tidak menunjukkan kekerasan.

2. Otoriter (authoritarian)

Meski namanya serupa, namun gaya parenting authoritarian dan authoritative memiliki perbedaan penting dalam pengasuhan anak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *