Alasan Orang Tua Meminta Maaf

Alasan Orang Tua Meminta Maaf ke Anak

Assalamualaikum Bunda, saat anak salah tentu kita ingin mereka mengakui kesalahannya dan bahkan mengucapkan maaf sebelum diminta.

Lalu bagaimana dengan kita? Perlukah kita meminta maaf? Jika perlu apa alasannya?

Faktanya banyak pelajaran yang dapat dipetik dari anak maupun orang tua saat orang tua hendak minta maaf terlebih dahulu.

Berikut alasannya:

Bukan Bentuk Menyerah
Meminta maaf dengan nada suara yang tegas akan menunjukkan jika Anda bukanlah orang tua yang nantinya akan mudah luluh dengan sikap anak.

Ketegasan tetap perlu ditegakkan. Tak perlu bersikap terlalu lembut dalam meminta maaf ke anak, karena dengan nada suara yang biasa pun mereka akan tahu siapa yang berkuasa di rumah. Selama kata ‘maaf’ dilontarkan, maka hal ini sudah menjadi bentuk pendidikan orang tua kepada anak.

Merupakan Contoh yang Baik
Mengubah perilaku dengan cara meminta maaf terlebih dahulu menjadi contoh baik untuk mengajarkan mereka dalam bersikap. Meskipun sulit mengakui kesalahan, namun hal ini merupakan langkah yang paling tepat untuk menunjukkan sebuah karakter diri dan bukan sebuah kelemahan.

Menjadi Cara Mendidik Anak
Jika Anda merasa telah berbuat salah karena sudah memarahinya, maka minta maaflah untuk menunjukkan jika Anda juga peduli terhadap perasaan anak. Tak perlu gengsi, karena meminta maaf bisa memperkuat jalinan kasih antar orang tua dan anak.

Bentuk Saling Menghargai
Mulai akui kesalahan Anda jika memang berbuat salah, agar anak bisa belajar memaafkan. Tindakan ini akan mengajarkan mereka sebuah tanda kasih sayang dan sikap menghargai antar sesama.

Meminta Maaf akan Membuat Diri Lebih Baik
Bagi orang tua yang pernah memarahi anaknya, tentu menyimpan perasaan ‘bersalah’ atas sikapnya mereka kepada sang anak. Meminta maaf merupakan cara untuk melegakan pikiran dan perasaan bersalah. Sikap ini akan lebih memfokuskan diri Anda dalam mendidik anak ketimbang mementingkan ego sendiri.

Semoga bermanfaat!

Sumber : https://www.haibunda.com/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *