Bahaya makan daging setengah matang

Bahaya Makan Daging Setengah Matang Bagi Ibu Hamil

Saat musim kurban mungkin aroma sate kambing maupun sapi dan kerbau akan sangat menggiurkan. Tak terkecuali bagi para ibu hamil.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dr dr Budi Iman Santoso SpOG(K), MPH menyebutkan, memasak daging kambing atau sapi harus matang sempurna. Cara ini dilakukan demi mencegah toksoplasma dari binatang.

Menurut dokter Budi, Daging juga pada dasarnya sumber bakteri yang bisa menyebarkan toksoplasma, dan berbahaya bagi ibu hamil.

Dia membeberkan, bakteri toksoplasma senang berkembang biak di tubuh binatang. Tapi kalau dagingnya dimasak matang bakteri tersebut akan mati.

Baca juga : Khasiat Ubi Ungu Untuk Ibu Hamil

Jika ibu hamil tertular toksoplasma, lanjut Dr Budi, dapat berisiko memicu kelainan pada janin. Si kecil bisa mengalami cacat bawaan saat lahir nanti.

Sementara itu, daging kaya protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Terlebih pada daging kambing, mengandung tambahan nutrisi zat besi untuk menambah hemoglobin. Banyaknya sel darah merah ini jelas bisa membuat ibu hamil tetap fit saat beraktivitas.

Mengenai pantangan memakan daging untuk ibu hamil adalah sebuah kekeliruan, makan daging merah masih diperbolehkan asal jumlahnya dibatasi dan juga memiliki kematangan yang sempurna.

Jika masih ragu, bunda dapat berkonsultasi pada yang ahli.

Sumber : okezone

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *