Benarkah mendengar musik saat hamil dapat membuat janin lebih cerdas?

Benarkah mendengar musik saat hamil dapat membuat janin lebih cerdas?

        Saat hamil biasanya wanita akan mengalami emosi yang kurang stabil. Hal ini ternyata disebabkan oleh perubahan hormon dan tubuh yang terjadi saat hamil. Fluktuasi mood ibu hamil mirip dengan saat menjelang haid atau premenstrual syndrome (PMS).

        Banyak cara yang dilakukan para ibu ketika mengalami emosi yang meledak-ledak, salah satunya ialah dengan mendengarkan musik. Faktanya, hal itu dapat dijadikan solusi yang karena mendengarkan musik saat hamil dapat meminimalkan tingkat stres yang ibu rasakan, sehingga dapat memberikan lingkungan yang optimal untuk tempat bayi bertumbuh. Saat ibu rileks, tubuh ibu menghasilkan hormon serotonin dan endorfin, yaitu hormon yang membuat perasaan bahagia, hormon ini ditransfer ke bayi melalui plasenta. Mendengarkan musik dapat membuat ibu tenang, mengurangi hormon stres dan meningkatkan hormon bahagia, melemaskan otot-otot, serta membuat lingkungan yang nyaman bagi ibu dan bayi. Khususnya jenis musik klasik, karena musik ini mempunyai tempo dan struktur nada yang teratur sehingga mudah dicerna oleh otak bayi. Tempo dan stuktur nada ini juga membantu bayi agar menjadi lebih tenang dan akan memiliki emosi yang lebih stabil saat sudah dilahirkan.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Memakai Baju Ketat?

Dilansir dari Expectant Mothers Guide, Wilfried Gruhn, Profesor Emeritus dari Music Education University of Music di Freiburg, Jerman mengatakan bahwa musik merangsang pertumbuhan struktur otak dan menghubungkan banyak aktivasi daerah otak. Pembelajaran didasarkan pada perkembangan otak  di mana paling kuat terjadi pada tahun-tahun awal dan berlanjut selama kehidupan. Perkembangan otak pada dasarnya ditentukan oleh keturunan, tetapi strukturnya sendiri tergantung pada bagaimana individu menggunakannya. Semua pengalaman disimpan dalam otak dan mempengaruhi struktur sarafnya.

Jadi ternyata memang benar, bahwa musik dapat merangsang perkembangan awal otak, tetapi tidak menjamin anak akan cerdas. Sebenarnya belum ada penelitian yang secara ilmiah menjelaskan kaitan antara musik klasik dengan kecerdasan otak bayi. Tapi banyak penelitian yang menunjukkan kalau bayi yang mendengarkan musik klasik sejak dalam kandungan biasanya mempunyai sifat yang tenang.

Bagaimana Cara Mendengarkannya?

Mendengar musik selama hamil bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, musik didengarkan dengan speaker sehingga musik bisa dinikmati oleh ibu sekaligus janin dalam kandungan. Dan yang kedua adalah dengan memakai headset yang diletakkan di perut. Dengan cara ini, musik klasik bisa didengar lebih jelas oleh bayi dalam kandungan. Biasanya bayi akan merespon musik dengan membuat gerakan yang bisa dirasakan oleh ibu.

Baca juga: Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Pada Usia Kehamilan Berapa yang Tepat untuk Mendengarkan lagu?

Musik klasik bisa didengarkan ibu hamil sejak awal masa kehamilan hingga masa bayi akan dilahirkan. Meskipun begitu, terdapat masa emas dimana musik klasik bisa memberi efek yang lebih baik. Awal trimester kedua atau saat kehamilan memasuki usia 6 bulan adalah saat dimana telinga janin mulai berkembang.

Sumber         : Hellosehat.com,Mommyasia.id

          

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *