Boleh atau Tidak? Mengecat Rambut Saat Hamil

Boleh atau Tidak? Mengecat Rambut Saat Hamil

Tampil cantik saat hamil memang tetap diperlukan ya, bahkan banyak wanita sekarang yang memutuskan untuk mengecat warna rambutnya agar terlihat lebih menarik. Loh kira-kira aman gak ya? Menurut American Pregnancy Association, sebagian besar penelitian menunjukkan bahan kimia yang ada di pewarna rambut semi permanen dan permanen enggak beracun dan aman untuk digunakan selama kehamilan.    

Namun, beberapa saran berikut sebaiknya diikuti jika Anda ingin mewarna rambut saat hamil.

1.    Gunakan Cat Berbahan Alami atau Rendah Amoniak

Sebaiknya bila Anda ingin mewarnai rambut saat hamil, gunakan cat rambut yang rendah amoniak.  Atau pilihlah yang berbahan alami seperti Henna, yaitu cat rambut dari tumbuh-tumbuhan.

2.    Sarung Tangan dan Ventilasi Udara

Gunakan sarung tangan untuk menghindari kontak langsung dengan bahan kimia pewarna rambut. Bukalah jendela selagi mengecat rambut agar sirkulasi udara lebih baik. Bau cat pewarna rambut yang keras dapat menambah rasa mual atau pusing pada ibu hamil.

baca juga : tips mengatasi bayi cegukan

3.    Hindari Kontak dengan Kulit Kepala

Highlight rambut lebih disarankan dibandingkan dengan mewarnai seluruh rambut saat hamil. Hal ini karena area yang terpapar pewarna lebih sedikit dan berada  1-2 cm di atas kulit kepala. Dengan demikian, kontak langsung dengan kulit kepala selama proses pengecatan dapat dihindari.

Namun, jika Anda masih ragu untuk menggunakan pewarna rambut pada masa kehamilan. Mungkin bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, namun beberapa dokter merekomendasikan untuk menunggu setidaknya sampai trimester kedua atau ketiga, bahkan setelah kehamilan

sumber : www.theasianparent.id

www.haibunda.com

https://www.haibunda.com/kehamilan/20190401161542-49-37079/boleh-atau-tidak-mengecat-rambut-saat-hamil-seperti-nikita-mirzani

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *