Cara merawat gigi bayi

YUK RAWAT GUSI BAYI DENGAN BAIK

Bunda, saat lahir sejatinya bayi baru lahir masih memiliki tekstur gusi yang lembut, gusi tersebut pula yang akan menjadi tempat untuk tumbuh gigi. Maka ada baiknya bunda merawat gusi buah hati dengan baik agar gigi yang akan tumbuhpun tidak mendapatkan masalah di kemudian hari, berikut caranya :

  1. Membersihkan gusi bayi dengan kain halus
    Perawatan yang sederhana dapat anda lakukan dengan menyeka gusi bayi (membersihkan gusi bayi dengan kain halus) setelah minum asi atau susu formula. Adapun cara untuk menyeka gusi bayi adalah dengan menggunakan kain halus yang dibasahi dengan air hangat,
    kemudian dibalutkan ke ibu jari anda. Sebaiknya dilakukan setelah bayi anda makan, apabila tidak memungkinkan anda dapat menjadwalkan dengan rutin yaitu dua kali sehari pada pagi dan menjelang tidur.
  2. Hindari minum susu botol sambil tidur
    Bayi senang sekali dengan kebiasaan minum susu sebelum dia tidur, sebenarnya yang menjadi masalah adalah kebiasaan minum susu botol hingga bayi tertidur. Ketika anda membiarkan bayi anda tidur sambil minum susu maka akan membuat kesehatan gusi bayi terancam. Hal ini dikarenakan rasa manis yang berasal dari gula akan mengendap di mulut bayi dan merusak gigi dan gusi bayi anda.
  3. Jangan Menambahkan Gula Pada Susu
    Tidak disarankan anak anak untuk mendapatkan tambahan gula berlebih, begitu juga pada bayi. Sebaiknya anda membatasi asupan gula pada bayi dengan cara menghindari penambahan gula pada susu formula bayi. Hal ini akan membuat gusi dan giginya memiliki masalah, selain itu penambahan gula yang berlebih akan mengakibatkan gangguan kesehatan seperti obesitas dan juga diabetes pada usia dini.
  4. Kenalkan bayi dengan makanan yang bertekstur secara bertahap
    Anda dapat memperkenalkan makanan pada bayi secara bertahap diantaranya adalah perkenalan rasa, jenis dan tekstur. Apabila bayi anda mengkonsumsi makanan padat atau finger food, anda dapat menawarkan sesuatu yang membantu pertumbuhan giginya seperti
    sayuran wortel yang dikukus atau buah pisang yang dipotong potong kecil. Gunakan sikat gigi khusus bayi yang mempunyai bulu yang lembut dan tidak akan membuat gusinya sakit. Selain itu bersihkan pula dot sebelum digunakan agar tidak steril dan tidak merusak gigi.
    Biasakan pula untuk minum air putih setelah diberikan makanan pendamping asi, agar dapat membantu untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela sela gigi.

Sumber : bidanku.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *