Pertengkaran orang tua

Dampak Positif dan Negatif Saat Anak Melihat Pertengkaran Orang Tua

Nada bicara Anda dan suami meninggi, volume suara pun makin keras. Ya, Anda bertengkar. Akan tetapi, tanpa Anda sadari, ada telinga kecil yang sedang mendengarkan perseteruan Anda. Ternyata si kecil ada di sekitar Anda dan menonton pertengkaran orang tuanya. Dampak Anak Melihat Pertengkaran
 
Wah, bagaimana, ya? Ternyata pertengkaran di depan anak, selain memberikan dampak negatif juga bisa memunculkan dampak positif bila dilakukan dengan lebih sehat. Apa saja ya, dampaknya?
 
1. Membuatnya Merasa Tidak Aman
E. Mark Cummings, Ph.D., profesor psikologi di William J. Shaw Center for Childen and Families di University of Notre Dame, AS, mengatakan bahwa hubungan orang tua satu sama lain dan bagaimana mereka menangani konfllik sehari-hari sangat penting untuk kesejahteraan anak. Kerukunan yang ditunjukkan oleh orang tua akan membuat anak-anak merasa aman dan merasa percaya diri menjelajahi dunianya. “Namun kerap, pertengkaran yang tidak terselesaikan menghilangkan kepercayaan diri itu, memicu kesedihan, kecemasan, dan ketakutan pada anak-anak dari segala usia,” jelas Cummings.
 2. Memengaruhi Fisiknya
Cummings menjelaskan bahwa bertengkar di depan anak-anak ternyata memengaruhi mereka lebih dari yang Anda kira. Bahkan tekanan darah bayi dapat meningkat ketika orang tua berkonflik dalam jarak dekat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *