fbpx
Ibu adalah Pendidikan Pertama dan Utama untuk Anak

Ibu adalah Pendidikan Pertama dan Utama untuk Anak

Sedangkan pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.

Dibalik anak yang pintar dan cerdas di bidang akademik maupun non akademik, pasti dibalik itu ada seorang ibu yang hebat yang berhasil mendidik anak tersebut. Terbentuknya karakter anak bermula dari lingkungan terdekatnya dulu, yakni di lingkungan keluarga. Di dalam suatu keluarga, terdapat pendidik hebat dan mempunyai peran penting dia adalah ibu. Sosok wanita yang tidak pernah berhenti mengajarkan semua hal kepada anaknya. Setiap ibu biasanya  mempunyai cara sendiri untuk mendidik anaknya masing-masing. Cara-cara tersebut dimulai dengan ibu yang mengerti sifat dan karakter anaknya seperti apa. Buat anak tersebut senyaman mungkin dengannya. Jangan sampai anak tersebut tidak nyaman dan akhirnya menjadi pribadi yang tertutup atau lebih nyaman dengan orang lain dan akhirnya menceritakan semua masalah nya dengan orang lain. Di rumah, sosok ibu harus memberikan contoh yang baik untuk anaknya. Biasanya apa yang dilakukan anak-anak diluar rumah, adalah hasil dari yang dia rasakan dan dia lihat dari rumahnya sendiri. Ibu bisa mengajarkan anaknya pendidikan-pendidikan sejak dini. Contohnya, ibu mengajarkan pendidikan tentang agama. Bagaimana cara beribadah dan beriman kepada Tuhannya. Disini biasanya anak-anak sudah timbul rasa ingin tahu yang lebih besar, seperti bertanya bagaimana cara beribadah, bertanya Tuhan itu sapa, dan mengapa aku harus melakukan ibadah? Disini ibu harus pintar-pintarnya memberikan jawaban yang bisa diterima oleh sang anak. Agar anak tersebut bisa mengerti dan paham apa yang telah diajarkan oleh ibunya. Contoh lain ibu memberikan pendidikan akademik seperti mengajarkan cara membaca dan berhitung. Disini ibu harus memahami batas kemampuan anaknya seperti apa. Ibu harus memasukkan metode-metode pembelajaran yang mudah dipahami oleh sang anak

Ada beberapa peran wanita yang sudah menjadi seorang ibu, diantaranya:

  • Ibulah yang bisa memberikan ASI bagi anak-anaknya sebagai nutrisi paling bagus untuk anaknya maksimal sampai dua tahun.
  • Ibulah yang menjadi pendidik pertama bagi anak-anaknya.
  • Ibulah yang menjadi penjaga pertama dalam hidup anak. Dalam kehidupan awal seorang anak, ibulah yang menjaga anak dan memperhatikannya dari segi pertumbuhan fisik, kecerdasan, spiritual, dan sebagainya.
  • Ibu sebagai sumber pemenuhan kebutuhan anak. Dalam memenuhi kebutuhan psikis anak, seorang ibu harus mampu menciptakan situasi yang aman bagi putra-putrinya. Ibu diharapkan dapat membantu anak apabila mereka menemui kesulitan-kesulitan. Perasaan aman anak yang diperoleh dari rumah akan dibawa keluar rumah, artinya anak akan tidak mudah cemas dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul.
  • Ibu menjadi contoh pertama anak-anaknya. Sejak anak lahir ia akan sealalu melihat dan mengamati gerak-gerik atau tingkah laku ibunya. Dari tingkah laku ibunya itulah anak akan senantiasa melihat dan meniru yang kemudian diambil, dimiliki, dan diterapkan dalam kehidupannya.
  • Ibu sebagai stimulan perkembangan anak. Stimulasi verbal dari ibu akan sangat memperkaya kemampuan bahasa anak. Kesediaan ibu untuk berbicara dengan anaknya akan mengembangkan proses bicara anak. Jadi perkembangan mental anak akan sangat ditentukan oleh seberapa rangsang yang diberikan ibu terhadap anaknya. penulis della lutfi sumber : Kompasiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *