istilah kehamilan persalinan ICD

Istilah-istilah Kehamilan dan Persalinan dalam International Classification of Disease (ICD) 10

Diagnosa kehamilan kerap menggunakan istilah-istilah yang kurang dipahami oleh para ibu. Pregnancy, laborm puerpural maupun istilah lainnya bukan sesuatu yang umum atau sering dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah rangkuman singkat tentang beberapa istilah berdasarkan International Classification of Disease atau ICD 10.

Antepartum

Secara etimologi Ante berarti sebelum sedangkan parere artinya melahirkan. Antepartum memiliki arti yang sama dengan prenatal. Periode ini biasanya dimulai pada minggu ke 24 atau minggu ke 26 hingga masa kelahiran dalam istilah kehamilan persalinan ICD

Pregnancy

Istilah yang satu ini mungkin lebih familiar. Pregnancy atau kehamilan juga dikenal sebagai graviditas yakni jumlah keseluruhan kehamilan pada seorang pasien. Biasanya ini berlangsung selama 40 minggu dari periode menstruasi terakhir dan selesai pada saat melahirkan. istilah kehamilan persalinan ICD

Prenatal Antenatal

Istilah ini menggambarkan masa perkembangan janin dimana embrio manusia berkembang selama masa kehamilan sejak mengalami pembuahan hingga kelahiran.

Preterm

Istilah prematur sering kita jumpai, di dunia medis, preterm merupakan istilah yang digunakan untuk kelahiran bayi prematur yang terjadi ketika usia kehamilan kurang dari 37 minggu dalam istilah kehamilan persalinan ICD

Baca Juga Artikel : 5 Doa dan Ucapan Untuk Bayi yang Baru Lahir

Postterm

Berbanding terbalik dengan preterm, postterm adalah kondisi dimana bayi justru belum lahir setelah usia kehamilan ibu mencapai 42 minggu.

Childbirth Labour Delivery Partus

Childbirth atau melahirkan juga dikenal dengan labour, delivery, birth, partus atau parturition di dunia medis. Inilah puncak dari masa kehamilan dimana seorang bayi akan keluar dari rahim ibunya.

Sponaneus Labour

Istilah ini diperuntukkan bagi proses kelahiran yang berlangsung tanpa intervensi ahli seperti dokter kandungan atau tindakan medis seperti operasi.

Puerpural Postpartum Postnatal

Puerpural postpartum postnatal adalah sebuah periode yang dimulai setelaah kelahiran bayi kurang lebih dalam waktu sekitar 6 minggu pasca melahirkan atau lebih dikenal dengan istilah nifas.

Perinatal

Berdasarkan bahasa Yunani, peri artinya tentang, sekitar sedangkan nasci berarti dilahirkan. Maka perinatal merupakan periode menjelang kelahiran hingga sesudah kelahiran. Periode ini dimulai sejak usia kehamilan mencapai 22 minggu hingga 7 hari pasca kelahiran.

Fetus

Fetus merupakan istilah lain dari janin saat masih berada pada masa prenatal sejak embrio hingga masa kelahiran.

Hubungi Unit Usaha Kami Yang Lain

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *