Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua dalam Mengasuh Anak

Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua dalam Mengasuh Anak

Kasih sayang orang tua adalah segalanya bagi anak. Mereka tumbuh dan besar dari asuhan kedua orang tuanya. Namun, kerap kali terjadi kesalahan pola asuh untuk anak sehingga mengakibatkan anak tidak berkembang secara maksimal. Berikut rangkumannya kesalahan orang tua dalam mengasuh anak.

Terlalu Sering Membantu

Terlalu sering dibantu akan membuat anak sulit untuk mandiri. Anak akan berpikir bahwa saat ia tidak bisa melakukan sesuatu, ada orang tua yang melakukan itu untuknya. Jika dibiarkan, ia akan tumbuh menjadi anak yang kurang bahkan tidak mandiri. Selalu butuh bantuan dari sekitarnya. Berikan kesempatan pada anak untuk menguji kemampuannya sendiri, berikan arahan dan bukan bantuan penuh.

Baca Juga Artikel : Tips Parenting: Ajarkan Agama Sejak Dini

Terlalu Sering Makan di Luar Rumah

Waktu makan adalah momen yang memberikan kehangatan bagi keluarga. Terlalu sering makan di luar dapat menyita kehangatan tersebut. Jika berada di rumah, suasananya akan lebih santai, hangat dan anak lebih leluasa untuk mengekspresikan dirinya tanpa terganggu oleh suasana kafe atau restoran.

Tidak Mendengarkan Emosi Anak

Emosi adalah hal yang wajar dirasakan oleh semua orang. Anak-anak juga memiliki emosi, namun mereka belum mampu untuk menerjemahkan emosi yang sedang dirasakan. Tugas orang tua adalah mendengarkan dan membantu menjelaskan emosi apa yang sebenarnya sedang dirasakan oleh sang anak.

Saat mereka masih bayi, menangis adalah cara mereka untuk mengomunikasikan bahwa mereka lapar, haus atau buang air. Ketika mereka tumbuh, saat marah, anak kerap menangis, saat sedih anak juga menangis, saat tidak nyaman, mereka juga menangis. Orang tua kerap mengabaikan ini dan meminta mereka berhenti menangis tanpa menanyai alasan mereka menangis.

Sebaiknya dengarkan anak, biarkan ia meluapkan emosinya. Lalu tunjukkan bagaimana cara untuk tenang kembali setelah marah. Mengabaikan perasaan mereka hanya membuat emosi itu terpendam dan bisa membuat mereka tidak terkontrol.

Selalu Ingin Terlihat Sempurna Di Mata Anak

Tegas tidak berarti harus membentak atau memukul. Hukum anak dengan pertanggung jawaban, bukan bentakan atau pukulan. Sakitnya tidak seberapa, tapi perasaan mereka bisa terluka dalam waktu lama. Berikan teguran dan arahkan apa yang harus mereka lakukan setelah membuat kesalahan. Itulah bentuk cinta orang tua yang sebenanya.

Hubungi Unit Usaha Kami Yang Lain

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *