mengajari anak selama ramadhan

Mengajari Anak Mama tentang 7 Makna Penting Puasa Ramadan

Mengajari anak mama tentang 7 makna penting puasa ramadhan, ayo optimalkan bunda, Bulan Ramadhan segera datang. Apakah Mama sudah mempersiapkan anak mama untuk mulai berpuasa dan menjalankan ibadah?

Ramadan bukan hanya latihan berpuasa menahan lapar dan dahaga di siang hari atau bangun untuk makan sebelum tibanya waktu imsak. Ramadan juga bukan soal Mama bangun lebih awal untuk menyiapkan makanan sahur dan menyiapkan hidangan berbuka sebelum azan magrib.

Ramadan tidak hanya sekedar hal-hal yang disebutkan di atas, melainkan kesempatan untuk menaikkan nilai spiritualitas dalam sebuah penuh dengan melakukan puasa dan hal-hal baik lainnya.

Karena itu, Mama bisa mengajarkan si Anak untuk memahami ibadah puasa Ramadan sejak ia mulai berpuasa. Berikut ini Popmama.com rangkum bagaimana mengajari anak mama tentang makna puasa Ramadan.

1. Puasa akan memperkuat iman dan keyakinan

 Bulan puasa Ramadan berlangsung selama 29 hingga 30 hari. Semua umat muslim harus menahan diri dari makan dan minum, dari fajar hingga terbenamnya matahari. 

Selama menjalani puasa Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk meningkatkan pembacaan Alquran dan melakukan ibadah sunah lainnya. Dengan begitu, anak mama bisa semakin menguatkan keyakinannya dan mengisi waktu kosong di sela-sela aktivitasnya dengan meningkatkan ibadahnya.

2. Berpuasa adalah waktu untuk saling berbagi

ketika anak Mama sudah memasuki fase pubertas, maka puasa Ramadan menjadi hal yang wajib. Kecuali, orang-orang yang mengidap penyakit kronis, mental, atau fisik tidak diwajibkan menjalani puasa ini.

Pada bulan Ramadan ini, ajarilah anak untuk saling berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan, Ma. Misalnya, memberikan makanan kepada orang yang tidak mampu atau memberikan sedekah. Hal ini baik bagi perkembangan anak agar menjadi pribadi yang ringan tangan, Ma.

3. Puasa melatih mengontrol diri

selain menahan lapar dan dahaga, tantangan lain dari ibadah puasa adalah bagaimana menghindari perkataan yang buruk, tidak sabar, dan berperilaku buruk. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *