5 cara mengenalkan ramadha

5 Cara Seru Mengenalkan Indahnya Ramadhan pada Buah Hati

Bulan Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk mengajarkan anak kebaikan dan keislaman. Memang, anak yang belum baligh tak diwajibkan untuk menjalani puasa namun, tidak ada salahnya mengenalkan ibadah ini sejak dini.

Mengajarkan puasa sejak dini ini bertujuan agar saat anak beranjak dewasa sudah bisa menjalankan puasa dengan baik. Ya, memperkenalkan anak pada ibadah puasa bukanlah hal yang mudah.

Ini merupakan salah satu tanggung jawab sebagai orangtua untuk mengajarkan anak berpuasa secara bertahap dan perlahan. Melakukan stimulasi pada anak sejak dini penting dilakukan untuk jadi bekal anak tumbuh dengan karakter positif dalam hal agama.

Sebagai guru pertama anak dalam kehidupannya, kita perlu untuk memahami cara mengajarkan puasa pada anak. Pasalnya, anak-anak terutama balita, cenderung belum memaknai puasa secara menyeluruh.

Untuk itu, perlu dilakukan beberapa cara agar suasana Ramadhan bagi anak begitu terasa dan mengajarkannya banyak hal. Simak triknya.

1. Ajak Anak Melakukan Kegiatan yang Berkaitan dengan Ramadhan

Ajak anak untuk melakukan tugas – terutama yang terkait dengan kegiatan Ramadhan. Hal-hal seperti tarawih di malam hari, dan membawa Alquran bersama. Beritahukan pula bahwa besok pagi sebelum subuh harus ikut bangun untuk makan sahur bersama.

Sebagai motivasi untuk mereka, kita dapat memberikan makanan kegemarannya. Beritahukan bahwa makanan itu hanya boleh dimakan sebelum salat subuh. Sehingga ia akan termotivasi untuk ikut makan sahur bersama. 

2. Libatkan Anak Saat Membuat Menu Sahur dan Berbuka

Saat sahur tak jarang anak ikut terbangun di kala ibunya bangun untuk menyiapkan makanan. Biarkan mereka membantu menyiapkan menu sahur dan berbuka.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *