fbpx
5 Cara Seru Mengenalkan Indahnya Ramadhan pada Buah Hati

5 Cara Seru Mengenalkan Indahnya Ramadhan pada Buah Hati

Ajak mereka berbelanja ke pasar. Diskusikan dengannya tentang apa yang harus dibuat untuk makan sahur dan berbuka. Ketika mulai memasak, berikan beberapa tugas pada anak, sehingga mereka merasa ikut berpartisipasi dalam sahur dan berbuka.

3. Minta Anak Menceritakan Bulan Ramadhan

Ini adalah cara yang bagus untuk mengajari anak-anak tentang konsep Ramadhan dan bagaimana menjelaskannya kepada orang lain dengan cara mereka yang paling sederhana. Dengan cara ini, orangtua dapat mengukur seberapa dalam pemahaman anak tentang konsep puasa.

4. Ajak Anak Ketika Bersedekah

Ajaklah anak dalam kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Misalnya seperti, berinfak di masjid, memberikan takjil kepada tetangga, bersedekah dengan orang-orang yang membutuhkan, membagikan sedekah di panti asuhan, ataupun kegiatan sosial lainnya.

Dengan cara demikian, anak akan terbiasa untuk menolong dan membantu mereka yang membutuhkan. Dan anak akan senang dan bangga ketika dia mampu memberi pada orang lain.

5. Rencanakan Kegiatan Khusus pada Akhir Pekan

Saat akhir pekan ajak kelurga untuk berkumpul dan berbuka di rumah. Buat permainan seperti lomba aza, hafalan surah atau melantunkan salawat.

Menjelang berbuka, orangtua bisa mengajak anak untuk membeli berbagai macam takjil yang dijual di sepanjang jalan. Hal ini akan membuat anak bersemangat untuk menjalani puasa keesokan harinya

Sumber : Parentingdotdream

Penulis : Reni Novita Sari 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *