Sunnah sunnah dalam ibadah aqiqah

Sunnah-sunnah dalam Ibadah Aqiqah

Sunnah merupakan sesuatu yang apabila dilakukan akan mendapat pahala, namun jika meninggalkannya tidak akan mendatangkan dosa. Aqiqah merupakan salah satu ibadah yang dihukumi sunnah muakkad atau tidak wajib dilakukan, namun dianjurkan. Di dalam ibadah aqiqah juga terdapat sunnah-sunnah sebagai berikut ini :

Memasak Daging Sembelihan Aqiqah

Ketika selesai melakukan penyembelihan hewan aqiqah, hendaknya daging tersebut dimasak hingga matang. Pernyataan Imam Ibnu Qayyim rahimahullah yang tercantum di dalam kitab Tuhfatuh Maudud halaman 43 hingga 44 memaparkan bahwa memasak daging aqiqah merupakan sunnah. Jika daging tersebut sudah dimasak, maka orang-orang yang berhak menerimanya tidak perlu repot mengolah daging tersebut.

Hal tersebut juga menambah nilai kebaikan serta rasa syukur. Penerimanya juga akan merasa gembira ketika menyantapnya. Oleh karena itu, umumnya makanan dalam acara syukuran dihidangkan dalam keadaan sudah dimasak. Selain itu, perhatikanlah kondisi kambing yang hendak digunakan untuk aqiqah. Pastikan sudah sesuai dengan syari’at Islam.

Baca Juga Artikel : Inilah Hikmah Melaksanak Ibadah Aqiqah

Jumlah Kambing

Rasulullah SAW pernah menerangkan bahwasanya jumlah kambing yang disembelih bagi anak laki-laki ialah sebanyak 2 ekor, sedangkan untuk aqiqah bagi anak perempuan cukup 1 ekor saja. Hal itu termasuk sunnah dalam aqiqah.

Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah berkata bahwa beberapa hadits Ummu Kurz menjadi argumen yang mendasari pendapat ulama dalam membedakan aqiqah bagi anak laki-laki dan anak perempuan. Sementara itu, Imam Malik menyatakan bahwa aqiqah bagi keduanya ialah sama berdasarkan apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW saat mengaqiqahi Al Hasan dan Al Husain dengan masing-masing satu ekor kambing.

Terdapat pula riwayat lain yang dikeluarkan oleh Abusy Syaikh bahwa aqiqah bagi anak laki-laki ialah dua ekor kambing. Adapun riwayat-riwayat tersebut tidak bermaksud menafikkan hadits-hadits mutawatir yang menyatakan bahwa jumlah hewan aqiqah bagi anak laki-laki adalah 2 ekor kambing, namun riwayat tersebut menerangkan bahwa mengaqiqahi seorang anak lelaki diperbolehkan dengan jumlah hewan kurang dari 2 ekor. Sehingga ketentuan tersebut merupakan sunnah saja. Hal ini terdapat dalam kitab Fathul Bari sunnah dalam ibadah aqiqah.

Hubungi Unit Usaha Kami Yang Lain

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *