Aqiqah Saung Domba

Syarat Hewan Qurban Untuk Aqiqah

Persyaratan mengenai hewan qurban untuk aqiqah kerap dicari saat orang tua hendak melaksanakan ibadah tersebut bagi buah hati mereka. Dari Sahabat Jabir Radhiyallahu ‘Anhu Nabi Shallallahu ‘Alaihi Aasallam menjelaskan “Janganlah kalian menyembelih kecuali ‘musinnah’, kecuali jika hal tersebut sulit bagi kalian, makas sembelihlah ‘jadza’ah’ dari domba.” (HR. Muslim No. 1963)

Sementara kriteria umur minimal hewan qurban menurut para ulama ialah 5 tahun bagi unta, 2 tahun bagi sapi, 1 tahun bagi kambing dan 6 bulan bagi domba. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat diketahui bahwa syarat umur minimal bagi kambing aqiqah adalah 1 tahun, sedangkan jika menggunakan domba ialah 6 bulan. Jadi perlu diperhatikan syarat ini terkait dengan pemilihan hewan yang akan digunakan.

Tidak Cacat

Selain persyaratan tentang umur, kesehatan hewan qurban aqiqah juga harus diperhatikan. Kambing atau domba aqiqah harus sehat dan bebas dari cacat. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menjelaskan bahwa cacat yang dapat membuat hewan qurban dan hewan aqiqah menjadi tidak sah dari Al Bara’ bin ‘Azib Radhiyallahu ‘Anhuma :

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam pernah berdiri di antara kami dan berkata ada 4 cacat yang tidak dibolehkan pada hewan qurban yaitu buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya, sakit dan tampak jelas sakitnya, pincang dan tampak jelas pincangnya dan sangat kurus hingga tidak punya sumsum tulang.”

Hadits di atas diriwayatkan oleh empat penulis kitab sunan dan Imam Ahmad serta dishahihkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Hibban.

Baca Juga Artikel : Tips Aqiqah Hemat dan Efisien

Jenis Kelamin Hewan Qurban

Baik jantan atau betina, keduanya dapat digunakan sebagai hewan qurban aqiqah. Namun, lebih dianjurkan untuk menggunakan kambing atau domba jantan karena ukurannya yang lebih gemuk merupakan syarat hewan qurban aqiqah.

Jumlah dan Jenisnya

Hal ini masuk ke dalam sunnah hewan aqiqah dan salah satu syarat hewan qurban untuk aqiqah. Secara umum aqiqah bagi seorang anak laki-laki ialah 2 ekor domba atau kambing. Sementara untuk anak perempuan ialah satu ekor domba atau kambing. Bagi anak laki-laki hendaknya dua ekor domba atau kambing sebaiknya diusahakan sama atau sekufu (tidak beda jauh ukurannya).

Hubungi Unit Usaha Kami Yang Lain

Exit mobile version