tanda melahirkan tinggal beberapa jam

3 Tanda Waktu Melahirkan Tinggal Beberapa Jam

Pada trimester terakhir kehamilan, biasanya Ibu mulai aktif mencari informasi seputar tanda-tanda atau gejala yang terjadi sebelum melahirkan. Setidaknya ada 3 tanda spesifik yang terjadi pada Ibu beberapa jam sebelum waktu melahirkan tiba. Berikut ini adalah sajian singkat tentang gejala sebelum melahirkan atau tanda Waktu Melahirkan Tinggal Beberapa :

Warna dan Konsistensi Cairan Keputihan Mengalami Perubahan

Beberapa jam bahkan hari sebelum persalinan, Ibu akan mendapati peningkatan warna dan konsistensi cairan keputihan yang keluar. Warnanya menjadi lebih pekat dan konsistensinya semakin kental bahkan bergumpal dengan sedikit bercak darah.

Hal ini menjadi tanda bahwa persalinan memang sudah dekat. Jika tidak terdapat kontraksi sekitar 3 hingga 4 sentimeter, persalinan mungkin akan tiba dalam beberapa hari kedepan. Namun, di situasi seperti ini, Ibu sudah harus siap ya! Waktu Melahirkan Tinggal Beberapa jam

Lebih Sering Mengalami Kontraksi

Hal ini sudah jelas akan terjadi karena waktu kelahiran sudah di depan mata. Ketika sudah hampir tiba waktu keluarnya bayi, akan terjadi kontraksi dengan intensitas yang lebih tinggi. Jika Ibu aktif beraktivitas kontraksi menjadi lebih kuat dan tidak mengendur atau mereda. Selain itu kontraksi juga tidak hilang karena perubahan posisi.

Nyeri terjadi di punggung hingga perut bagian bawah, bahkan merambat ke bagian kaki. Pada fase ini, kontraksi terasa lebih sering dan lebih menyakitkan.

Baca Juga Artikel : Tanda-tanda Melahirkan Menjelang HPL

Pecahnya Air Ketuban

Pecahnya air ketuban menjadi salah satu indikator paling meyakinkan bahwa waktu melahirkan benar-benar sudah dekat. Meski terasa meyakinkan, sangat penting untuk mengidentifikasi gejala spesifik lainnya. Jangan lupa pula untuk tetap berkomunikasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan dukungan baik secara fisik maupun psikologis.

Beberapa tanda spesifik di atas kerap menjadi acuan untuk mengidentifikasi kondisi tubuh sebelum melahirkan. Tentunya, selain siap secara fisik, Ibu juga perlu menyiapkan respon psikologis sebelum persalinan benar-benar tiba.

Maka, sangat penting untuk memahami tanda-tanda yang akan muncul sebelum melahirkan. Hal ini juga diperlukan guna memperkuat kesiapan Ibu secara psikologis. Tetap jaga kesehatan dan perkaya pengetahuan untuk mempersiapkan hari kelahiran yang sudah dinanti-nanti.

Hubungi Unit Usaha Kami Yang Lain

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *