Tanda-tanda HPL

Tanda-tanda Melahirkan Menjelang HPL

Perkara tentang melahirkan mungkin masih belum familiar dan sedikit menakutkan bagi para calon Ibu. Sebagai bentuk persiapan, hendaknya tanda-tanda melahirkan menjelang HPL atau Hari Perkiraan Lahir ini harus diketahui sebelum tiba. Berikut ulasannya :

Bayi Mulai Bergerak ke Panggul

Beberapa minggu menjelang HPL, bayi akan mengalami perubahan posisi dan semakin mendekat dengan jalan lahir bayi dengan bergerak ke area panggul. Namun, tanda ini biasanya tidak begitu disadari oleh Ibu hamil karena gejalanya Ibu mulai sering buang air kecil sebagaimana apa yang dialami pada trimester pertama akibat dorongan bayi terhadap kandung kemih.

Serviks yang Mengembang

Selain pergerakan bayi, area serviks juga memiliki persiapan dengan pelebaran ruang dan penipisan beberapa minggu hingga beberapa hari sebelum HPL. Hal ini dapat diketahui dari hasil tes internal yang dilakukan oleh dokter. Sembari check up, Ibu juga dapat mengonsultasikan perihal HPL kepada ahlinya.

Kram dan Nyeri Punggung Dialami Lebih Sering

Gejala ini kerap muncul beberapa minggu menjelang HPL, terutama sekain kehamilan pertama. Terjadinya kram dan nyeri punggung yang lebih sering dialami dapat menjadi indikator bahwa waktu melahirkan sudah semakin dekat dengan Tanda Melahirkan Menjelang HPL.

Baca Juga Artikel : Tips Diet Usai Melahirkan

Sendi Terasa Lebih Kendur

Semasa kehamilan ligamen pada sendi dibuat lemas dan kendur oleh hormon relaksin sebagai pertanda persiapan tubuh menjelang hari melahirkan. Maka, Ibu tak perlu merasa cemas dan tetaplah rileks karena gejala ini adalah tahapan yang membantu pembukaan pelvis

Sering Diare

Lemasnya otot rahim dan otot-otot lainnya dapat menimbulkan pergerakan usus mengendur dan memunculkan diare. Meski terasa tidak nyaman, ini juga menjadi salah satu gejala menjelang waktu melahirkan.

Berat Badan Menurun

Di akhir masa kehamilan, berat badan Ibu cenderung menurun dan itu merupakan hal yang wajar. Gejala ini timbul akibat kadar cairan ketuban berkurang. Jadi tak perlu khawatir ya.

Merasa Sangat Lelah

Menjelang Hari Perkiraan Lahir, Ibu biasanya merasa lebih lelah dari hari-hari sebelumnya. Kondisi perut yang besar dengan aktivitas kandung kemih yang sibuk dapat menimbulkan kelelahan hingga Ibu kesulitan untuk tidur.

Meski sulit, usahakan untuk tetap mencukupi waktu istirahat agar tidak semakin lelah. Aktivitas kecil seperti bersih-bersih ringan tidak dipermasalahkan selagi hal itu tidak menguras energi.

Hubungi Unit Usaha Kami Yang Lain

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *