Tips Bayi Tidur Cepat

Tips Bayi Tidur Cepat

Coba ngaku, bunda mana yang nggak happy kalau bayinya dapat tidur nyenyak tanpa rewel atau terbangun terus? Nyatanya pola tidur bayi dapat terbentuk melalui kebiasaannya.

Secara bertahap, saat usianya menginjak 2 bulan atau lebih,bayi biasanya sudah memiliki pola tidur lebih teratur. Pola tidur yang teratur tentunya sangat berguna, karena ia tidak akan mudah terbangun serta dapat tidur lebih lama dan lebih nyenyak. Dengan kata lain, tidurnya lebih berkualitas.

Lalu bagaimana agar bayi dapat tidur nyenyak? Simak ulasan berikut ini yuk!

  1. Atur jadwal menyusui
    Siasati dengan jadwal menyusui yang tepat. Pilihlah waktu menyusui sebelum bayi tertidur dan saat bangun tidur, sehingga saat tertidur bayi dapat terlelap dengan pulas tanpa sering terbangun karena lapar. bayi pun tidur lebih lelap dan nyenyak.
  2. Kenali Tanda Mengantuk
    Mengantuk merupakan pertanda tubuh bayi mulai lelah. Biasanya ditandai dengan menggosok-gosokkan mata, mengisap-isap jari, menguap atau malah menangis (rewel). Bila tanda-tanda ini muncul, segera tidurkan bayi. Kondisi ini menguntungkan bagi bayi jadi lebih awal tidurnya dan tidak rewel. Kenali tandanya agar bayi tidur nyenyak
  3. Atur Penerangan agar bayi tidur nyenyak
    Pada malam hari, redupkan lampu kamar agar bayi belajar membedakan antara waktu siang dan malam. Kondisi itu akan membantu bayi untuk membentuk pola tidurnya. Dengan pencahayaan yang redup, maka bayi akan mudah terlelap. Selain itu, produksi hormon melatonin juga akan meningkat. Selain bermanfaat untuk kekebalan tubuh, hormon ini juga membantu bayi untuk tidur.
  4. Agar bayi tidur lelap, atur suhu ruangan
    Sebelum tidur, pastikan suhu udara pas, sehingga bayi nyaman untuk tidur. Setel suhu dengan tepat di kamar, tidak kelewat panas tapi juga tidak terlalu dingin. Bila Mama menggunakan pendingin ruangan, setel suhu kurang lebih 26°C.
  5. Ciptakan Ritual tidur
    Ciptakan ritual tidur yang menyenangkan untuk bayi, seperti membacakan buku cerita atau mengelus-elus kepalanya. Pijatan lembut pada tubuh bayi yang dilakukan sebelum tidur, mampu membuat bayi merasa nyaman dan membantu tidurnya lebih lelap.
  6. Mandi dulu dengan air hangat agar bayi tidur nyenyak
    Bersihkan badan bayi sebelum tidur. Seka dengan air hangat agar tubuh bayi tidak lengket. Setelah mandi, biasanya bayi akan mudah tertidur dengan pulas. Sebab, rasa hangat akan memperlancar sirkulasi dan aliran darah. Pun saat bersamaan, terjadi pelemasan sendi, jaringan dan otot, sehingga peredaran darah dapat bekerja secara baik. Bayi pun menjadi tenang dan nyaman.
  7. Kenakan pakaian nyaman agar bayi tidur lelap
    Kenakan pakaian yang nyaman, seperti yang berbahan kaus atau katun yang mudah menyerap keringat. Pastikan ukurannya pas, tidak kelewat besar atau kecil. Hindari pakaian berbahan sintetis karena tidak menyerap keringat.

Sumber : https://www.ayahbunda.co.id/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *