tips diet pasca melahirkan

Tips Diet Usai Melahirkan

Kenaikan berat badan yang signifikan pasca melahirkan dapat mengganggu aktivitas dan rasa percaya diri Ibu. Tubuh ramping yang diidam-idamkan terasa sangat menggiurkan. Namun, upaya yang dilakukan tampaknya benar-benar harus dilakukan secara serius.

Meski sangat berkeinginan untuk kembali ke tubuh ramping nan semampai, Ibu harus tetap memerhatikan kondisi tubuh dan asupan nutrisi alih-alih melakukan diet yang berbahaya. Pasalnya, masih ada bayi mungil yang menggantungkan asupan nutrisinya pada ASI.

Lalu bagaimana tips diet yang tetap dapat memenuhi asupan gizi Ibu saat masih menyusui? Simak ulasan berikut ini!

Konsumsi Makanan Sehat

Kebutuhan akan serat, protein, kalsium dan zat-zat penting lainnya harus tetap terpenuhi dengan mengonsumsi sayuran, lauk pauk berupa ikan, daging dan buah. Hal terbesar yang memengaruhi keberhasilan diet adalah keseimbangan. Pastikan jumlah makanan yang dikonsumsi mencukupi kebutuhan dan tidak berlebihan sehingga Ibu tetap nyaman menjalankan diet sembari menyusui. tips diet pasca melahirkan

Kurangi Porsi, Perbanyak Jenis Makanan

Mengonsumsi aneka macam makanan dengan porsi kecil jauh lebih dianjurkan ketimbang hanya mengonsumsi sedikit jenis makanan dalam jumlah besar. Diet yang sehat tidak akan membuat Ibu kelaparan. Dengan teknik ini, Ibu tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dengan tetap menjalankan diet yang tidak memicu konsumsi makanan secara berlebihan.

Konsumsi Makanan Rendah Kalori

Penyebab tubuh membengkak adalah asupan kalori yang cukup tinggi meski pada kasus Ibu hamil cenderung dipengaruhi oleh perkembangan hormon. Maka, sangat penting untuk memerhatikan asupan kalori jika memiliki keinginan untuk merampingkan tubuh pasca melahirkan. Salmon, tuna, sarden, telur, kacang-kacangan, yogurt dan gandum adalah contoh makanan rendah kalori yang kaya nutrisi. tips diet pasca melahirkan.

Baca Juga Artikel : Terganggu Oleh Strech Mark Pasca Melahirkan? Atasi dengan 4 Cara Ini!

Hindari Dehidrasi

Diet bukan alasan bagi Ibu untuk membiarkan tubuhnya mengalami dehidrasi. Asupan cairan setidaknya mencapai takaran 8 hingga 10 gelas per hari. Selain membantu proses pembuangan racun, cairan juga meningkatkan metabolisme yang efektif untuk mengatur berat badan.

Rutin Olahraga dan Mencukupi Waktu Istirahat

Aktivitas olahraga turut berperan dalam proses diet yang dijalani. Kegiatan ini perlu dilakukan secara rutin untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Berolahraga secara rutin juga dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga waktu istirahat dapat tercukupi dengan baik dan tips diet pasca melahirkan tidak sia sia.

Hubungi Unit Usaha Kami Yang Lain

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *