Tips Mencegah Balita Kecanduan Gadget

Tips Mencegah Balita Kecanduan Gadget

Fenomena balita kecanduan gadget kini menjadi masalah yang harus diperhatikan. Pasalnya, kecanduan gadget dapat merampas keterampilan anak di bidang lainnya. Ya, tampaknya mereka mengenal teknologi dengan baik, namun terkadang itu hanya sebatas bermain game dengan gadget yang terasa sangat menyenangkan hingga membuat ketagihan.

Masa pertumbuhan balita semestinya lebih dari sekedar duduk diam dan hanya menggerakkan jari untuk memainkan gadgetnya (smartphone). Aktivitas motorik, kemampuan bersosialisasi, minat dan bakat mereka sangat penting dikembangkan di masa ini. Lalu apa yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mencegah balita kecanduan gadget? Simak ulasan singkat berikut ini :

Berikan Pembatasan Waktu

Anak-anak memang kerap penasaran dengan benda-benda yang baru mereka lihat. Salah satu benda yang sering dilihat kini adalah smartphone, karena mereka melihat orang tuanya membawa benda itu kemana-mana. Sesekali izinkan anak untuk memenuhi rasa penasarannya, namun berikan pembatasan waktu agar anak tidak terlarut dan dampingi setiap kali anak menggunakan gadget.

Jadwalkan Waktu Penggunaan

Orang tua bisa membuat jadwal aktivitas anak agar kegiatannya menjadi lebih teratur. Jadwal menggunakan gadget dapat dimasukkan pada hari-hari tertentu saja, misalnya di akhir pekan.

Baca Juga Artikel : Usia Ideal Untuk Masa Kehamilan Bagi Seorang Wanita

Hindarkan Gadget

Untuk mengindarkan anak dari gadget, orang tua dapat menyimpannya di tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau oleh anak. Lalu ajak anak untuk melakukan aktivitas menyenangkan lainnya seperti bermain atau berbicara hal-hal yang diminati olehnya.

Ajarkan Anak Untuk Mengontrol Dirinya

Kontrol yang dimaksud ialah menahan diri dari bermain gadget. Orang tua bisa memberikan reward kepada anak setiap kali ia mampu menahan dirinya saat bermain gadget memang tidak seharusnya dilakukan saat itu. Reward tidak harus selalu berupa benda, memberikan pujian atau sekedar mengelul lembut sudah dapat membuat anak senang.

Melakukan Aktivitas di Luar Rumah

Melakukan aktivitas di luar rumah bersama orang tua akan menjadi momen menyenangkan bagi anak. Hal ini dapat mencegah anak lebih tertarik pada gadget. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan bersama seperti berolahraga, berkebun atau sekedar jalan-jalan santai, mencegah balita kecanduan gadget.

Hubungi Unit Usaha Kami Yang Lain

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *