fbpx

Yuk Ajak Balita Berpuasa

Pada tahap awal, Anda bisa mengajarkan anak berpuasa secara bertahap. Misalnya, jika anak biasa sarapan pukul 07.00, Anda bisa menundanya selama beberapa jam, misalnya pukul 09.00. Lakukan ini di tahun pertama anak puasa. Jangan lupa untuk memberikan pengertian tentang ibadah puasa dengan bahasa yang mudah dimengerti.

3. Berikan Pujian

Agar anak lebih semangat untuk melakukan puasa, jangan segan untuk memberikan pujian. Puji usahanya menahan lapar. Sambil memuji, Anda juga bisa memberikan pengertian tentang manfaat puasa. Meskipun anak belum sepenuhnya mengerti, pelajaran yang diberikan terus menerus akan masuk ke dalam alam bawah sadar anak.

4. Jadilah Contoh yang Baik

Dalam mendidik anak, poin paling penting yang harus selalu Anda ingat adalah jangan hanya memberitahu atau menyuruh saja, tetapi berikan contoh. Anak-anak adalah peniru yang andal. Mereka akan mudah meniru perbuatan seseorang daripada mendengarkan omongan orang. Ketika mengajarkan anak untuk puasa, Anda pun harus memberikan contohnya. Begitupun ketika mengajari hal-hal yang lainnya.

5. Lakukanlah hal yang Sama di Ramadhan Berikutnya

Pada tahun-tahun berikutnya, Anda bisa melakukan hal yang sama untuk mengajari anak berpuasa. Bedanya, kini Anda bisa menambah level berpuasanya. Jika pada tahun pertama anak hanya bisa menahan lapar selama 1 jam. Tahun berikutnya tambah menjadi dua jam. Ajarkan juga ibadah-ibadah yang lain seperti mengaji dan salat tarawih. Untuk menjaga agar nutrisinya terpenuhi, sajikan masakan yang sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka puasa.

Penting diingat Parents!

  1. Ajak anak makan sahur untuk membiasakan diri berpuasa di keesokan harinya
  2. Apabila anak sudah terlihat pucat dan tidak tahan berpuasa, maka jangan terlalu memaksa anak.
  3. Alihkan perhatian anak dengan melakukan aktivitas lain agar pikirannya tidak hanya fokus pada rasa lapar atau haus.
  4. Ajak anak ikut menyiapkan menu berbuka untuk memberinya semangat dan motivasi dalam berpuasa.
  5. Minta anak segera beristirahat dari aktivitasnya apabila ia sudah mulai merasa lelah.
  6. Lakukan diskusi dengan orangtua lain terkait melatih anak berpuasa, tujuannya untuk bertukar tips dan trik mangajarkan anak berpuasa.
  7. Tambah wawasan dalam hal parenting terkait melatih anak berpuasa dengan mengikuti berbagai kelas parenting.

Itulah beberapa cara mengenalkan anak berpuasa. Pada tahun pertamanya, anak-anak mungkin tidak langsung mau berpuasa. Ingat, jangan pernah memaksa, biarkan mereka berproses sesuai dengan kemampuannya. Paksaan hanya akan menimbulkan trauma pada diri anak. Selamat berpuasa.

Sumber artikel : schoolofparenting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *